URnews

Sidang Isbat Awal Ramadan Digelar 22 Maret 2023

Urbanasia, Rabu, 8 Maret 2023 13.15 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sidang Isbat Awal Ramadan Digelar 22 Maret 2023
Image: Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag, Adib. (Dok. Istimewa)

Jakarta - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadan 1444 Hijriah pada Rabu (22/3/2023). 

"Seperti biasa, Sidang Isbat Awal Ramadan akan kita laksanakan setiap 29 Syakban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023," ungkap Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, di Jakarta, Rabu (8/3/2023). 

Adib menambahkan, rangkaian Sidang Isbat Awal Ramadan tahun ini masih digelar secara hybrid, atau gabungan antara daring dan luring.

Selain melibatkan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, pelaksanaan rangkaian sidang isbat juga mengundang Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan lainnya.

Adib menjelaskan, rangkaian pelaksanaan sidang isbat akan dibagi dalam tiga tahap. Pertama, seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi. 

Pemaparan dilakukan Tim Hisab Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB dan terbuka untuk umum. Menurutnya sesi seminar ini yang akan berlangsung hybrid.

Rangkaian kedua, Adib melanjutkan, yaitu pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1444 H. 

"Sesi ini akan dilaksanakan secara luring setelah Salat Magrib dan tertutup untuk umum," ujarnya. 

Selain data hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal yang akan dilaksanakan pada 123 lokasi di seluruh Indonesia. 

"Sesi terakhir adalah telekonferensi pers hasil sidang isbat yang akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media lainnya," pungkas Adib.

Awal Ramadan Muhammadiyah

Sementara itu Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah telah resmi menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada tanggal 23 Maret 2023 mendatang. 

Keputusan tersebut diketahui melalui surat Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah yang telah melakukan hisab hakiki wujudul hilal yang selama ini dipedomani oleh Persyarikatan. 

“Umur bulan Syakban 1444 Hijriah 30 hari dan tanggal 1 Ramadan jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023 Masehi,” bunyi surat tersebut dikutip Selasa (31/1/2023). 

Adapun surat itu ditandatangani oleh Wakil Ketua dan Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Iman Fathurahman dan Mohammad Mas’udi. 

Dalam surat dijelaskan bahwa pada Selasa, 21 Maret ijtimak jelang Ramadan 1444 H belum terjadi. Ijtimak akan terjadi pada esok harinya, Rabu (22/3) pukul 00:25:41 WIB. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait