URnews

Sumatera Utara Ekspor Teh ke 9 Negara

Anita F. Nasution, Rabu, 8 Juli 2020 15.41 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sumatera Utara Ekspor Teh ke 9 Negara
Image: Kepala Karantina Pertanian Belawan, Hasrul meninjau ke Kebun Teh Butong PTPN IV. (ANTARA)

Medan - Ekspor teh asal Sumatera Utara (Sumut) telah mencapai 461 ton teh ekspor atau senilai Rp 10,4 miliar selama semester 1 di tahun 2020.

Kepala Karantina Pertanian Belawan, Hasrul menjelaskan bahwa keseluruhan ekspor teh Sumatera Utara tersebut telah dilakukan sebanyak 26 kali pengiriman dari Pelabuhan Belawan. 

Tercatat dari aplikasi onlinie IQFAST Karantina Pertanian Belawan, ekspor teh Sumatera Utara tersebut bahkan diekspor ke 9 negara.

"Ekspor teh melalui Pelabuhan Belawan sejak Januari 2020 hingga masa pandemi COVID-19 saat ini masih cukup tinggi, diekspor ke sembilan negara," ujar Hasrul di Medan Selasa (7/7/2020) seperti dikutip Antara. 

Nah, ke-9 negara yang menerima teh ekspor dari Sumatera Utara tersebut yakni Malaysia, Taiwan, Thailand, Vietnam, Brunai Darussalam, Pakistan, Jerman, RRT dan Iran.

Dari data yang diperoleh, Hasrul menyampaikan bahwa hasil ekspor teh Sumatera Utara telah mencapai angka 39 persen dari total ekspor teh sumut pada tahun 2019 lalu, yaitu sebanyak 1.196 ton.

Untuk ekpsor teh Sumatera Utara ini, Karantina Pertanian Belawan akan terus melakukan pendampinhan teknis agar ekspor teh Sumatera Utara terus meningkat. 

Selain itu, Karantina Pertanian Belawan juga akan menggerakkan sosialisasi program gerakan tiga kali ekspor (Gratieks).

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait