URnews

Ultah Ke-80, IKEA Komitmen Dorong Produk ‘Made in Indonesia’ ke Pasar Global

William Ciputra, Rabu, 26 Juli 2023 13.37 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ultah Ke-80, IKEA Komitmen Dorong Produk ‘Made in Indonesia’ ke Pasar Global
Image: Potong tumpeng perayaan ulang tahun IKEA ke-80. (Urbanasia)

Jakarta - Perusahaan ritel asal Swedia, IKEA merayakan hari jadi yang ke-80 di dunia dan 20 tahun di Indonesia. Dalam momen bahagia ini, IKEA berkomitmen untuk terus berinovasi termasuk mendorong produk buatan Indonesia untuk mendunia. 

PR & Communication Manager IKEA Indonesia, Ririn Basuki menuturkan, ulang tahun ke-80 tahun ini akan dijadikan momen untuk menghadirkan produk perabot rumah tangga yang memperlihatkan ‘desain demokratik’.

Menurut Ririn, desain demokratik merupakan basis pengembangan produk-produk IKEA sejak awal tahun 1995, yang berbasis pada 5 aspek, yakni bentuk yang menarik, fungsi yang baik, kualitas yang baik, namun dengan harga yang terjangkau dan menjaga keberlanjutan.

“Kami sangat senang selama 80 tahun kberadaan IKEA di dunia dan lebih dari 20 tahun di Indonesia, IKEA telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang lebih baik di rumah,” katanya dalam media briefing Ulang Tahun Ke-80 IKEA, Selasa (25/7/2023). 

1690353422-Desain-IKEA.jpeg (Urbanasia)

Ririn pun menjelaskan bahwa kehadiran IKEA di Indonesia sebenarnya sudah lebih dari 20 tahun. Pasalnya, IKEA melalui IKEA Supply sudah beroperasi di Indonesia sejak 21 Agustus 1990. 

Kehadiran IKEA Supply adalah untuk menjalin kemitraan dengan mitra lokal yang akan menjadi pemasok produk bagi IKEA. Kemudian sejak tahun 1992, produk Made in Indonesia  masuk ke jaringan distribusi IKEA.

Selama lebih dari 20 tahun itu, IKEA telah banyak mendorong produk-produk buatan Indonesia masuk di jaringan distribusi IKEA yang memiliki 460 toko yang tersebar di 62 negara di seluruh dunia, seperti produk rotan, anyaman, soft toys, matras, pecah belah dan lain-lain.  

Melalui produk buatan Indonesia, IKEA berkomitmen membawa dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan dengan memberdayakan sumber daya dalam negeri, mulai dari pemberdayaan tenaga kerja, hingga pemanfaatan sumber daya alam Indonesia yang berkelanjutan. 

“IKEA mendorong lebih banyak ragam produk buatan Indonesia berbasis desain demokratis menjadi bagian dari rangkaian produk IKEA dalam mengisi kehidupan rumah di berbagai belahan dunia,” lanjut Ririn.

Perayaan ulang tahun ini dimeriahkan dengan potong tumpeng yang dilakukan oleh Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Marina Berg.

Dalam sambutannya, Berg pun mengaku telah mengenal IKEA sejak kecil. Selain itu, dirinya sama seperti warga Swedia lainnya sangat suka dan bangga dengan produk-produk IKEA. 

“Misi saya di Indonesia, dan mengapa terakhir kali saya secara resmi berpartisipasi dalam acara IKEA karena saya telah menyelesaikan lima tahun mengemban tugas sebagai Duta Besar Swedia untuk Indonesia.  Saya akan segera kembali ke kantor pusat dalam beberapa minggu,” katanya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait