beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Xi Jinping Resmi Jadi Presiden Cina 3 Periode

William Ciputra, 24 Oktober 2022 15.00.02
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Xi Jinping Resmi Jadi Presiden Cina 3 Periode
Image: Presiden Cina Xi Jinping dalam kongres ke-20 PKC. (Instagram/xijinpingofficialcn)

Jakarta - Presiden Cina Xi Jinping berhasil mengamankan statusnya sebagai presiden tiga periode usai terpilih kembali menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Komunis Cina (PKC), Minggu (23/10/2022) waktu setempat. 

Penunjukan Xi sebagai Sekjen sekaligus presiden 3 periode ini mengukuhkannya sebagai pemimpin paling berpengaruh di Cina sejak Mao Zedong. 

Tak hanya sebagai sekjen partai dan presiden, Xi Jinping juga akan menjabat sebagai Ketua Komisi Militer Pusat PKC yang membawahi kepolisian dan tentara sekaligus. 

Pada Minggu siang waktu setempat, Xi turut memperkenalkan enam anggota badan tertinggi PKC yaitu Komite Tetap Politbiro ke-20 PKC. 

“Saya kembali terpilih sebagai Sekjen. Mari kita sambut enam rekan saya yang juga terpilih sebagai anggota Komite Tetap Politbiro,” kata dia melansir Xinhua. 

Adapun enam orang tersebut adalah Li Qiang (63), Zhao Leji (65), Wang Huning (67), Cai Qi (66), Ding Xuexiang (60), hingga Li Xi (66).

Dalam kesempatan tersebut, Xi juga berjanji akan membawa Cina menjadi negara yang lebih terbuka. Menurutnya, kemakmuran di Cina akan menciptakan lebih banyak kesempatan bagus bagi dunia. 

“Kami akan membuka pintu lebih lebar lagi. Kita semua bisa hidup harmonis, melakukan kerja sama yang saling menguntungkan,” tandasnya. 

Dalam sejarah Cina, Xi Jinping bukan orang pertama yang menjabat selama tiga periode. Sebelumnya Jiang Zemin juga terpilih tiga kali sebagai Sekjen PKC dan berkuasa pada 1989-2002. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait