beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

YKAN Ajak Selamatkan Mangrove Indonesia Lewat Pertunjukkan Wayang

Dyta Nabilah, 3 Juli 2021 02.30.42
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
YKAN Ajak Selamatkan Mangrove Indonesia Lewat Pertunjukkan Wayang
Image: Konferensi pers virtual ‘Dialog Konservasi: Mangrove Family Day’ (YKAN)

Jakarta - Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mengadakan kampanye Misi Lestari hingga 31 Juli nanti. Kampanye ini melibatkan peserta lintas generasi untuk melestarikan hutan mangrove. 

Setiap peserta diajak untuk menanam bibit tanaman di halaman rumah, memberikan perkembangan di media sosial, melakukan virtual run/walk, dan galang dana. Selain itu, ada juga pertunjukkan dongeng virtual dalam acara ‘Dialog Konservasi: Mangrove Family Day’ pada Kamis (1/7/2021). 

Oom Samsudin memimpin pertunjukkan dengan dongeng tentang kelestarian lingkungan. Dalam acara virtual ini, ia mengangkat kisah Sofia, gadis kecil yang sedang tamasya ke hutan mangrove.

Sofia bertemu dengan teman-teman barunya yakni buaya muara, bangau, bekantan, dan kepiting bakau. Makna dari kisah ini yakni mengingatkan manusia hanyalah bagian dari ekosistem.

“Kita tidak boleh memikirkan hidup kita saja. Ada banyak makhluk hidup yang membutuhkan tempat untuk hidup dan berkembang biak,” kisahnya.

‘Dialog Konservasi: Mangrove Family Day’ merupakan momen yang tepat untuk mengajak anak-anak mengenal hutan mangrove. YKAN ingin menanamkan kecintaan mereka kepada alam yang dimulai dari pendidikan karakter dalam keluarga.

“Keluarga menjadi lini terdekat untuk memberi contoh nyata mencintai alam dalam keseharian. Misalnya, memilah sampah di rumah dan menjadikannya kompos, memanfaatkan air dengan bijak, dan sebagainya,” ujar Dino V. Prayoga, Associate Director of Development YKAN dari rilis pers.

YKAN juga menggandeng Blibli, platform belanja online untuk bantu sukseskan kampanye Misi Lestari. Franky Oberto, Senior Merchandising Manager Blibli mengatakan bahwa perusahaan mereka sangat peduli tentang ketahanan lingkungan.

Baca Juga: Wisata Baru di Jepara, Glagah Wangi Usung Konsep Hutan Mangrove

“Kolaborasi bersama YKAN adalah perpanjangan dari semangat Blibli terhadap konservasi lingkungan. Dengan berada di platform e-commerce kami, YKAN bisa menjangkau peserta dan pendonor potensial di seluruh Indonesia untuk menyukseskan kampanye,” tutur Franky.

Peserta yang berhasil menyelesaikan seluruh fase kampanye dengan baik bisa berkesempatan mengikuti acara puncak pada 31 Juli 2021. Nantinya, acara akan diramaikan oleh keluarga influencer di Margasatwa Muara Angke. Tentunya, kegiatan akan dilakukan dalam jumlah terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait