beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Zelensky Tak Mau Datang ke KTT G20 di Bali Kalau Putin Hadir

Nivita Saldyni, 6 November 2022 00.20.23
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Zelensky Tak Mau Datang ke KTT G20 di Bali Kalau Putin Hadir
Image: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Instagram @zelenskiy_official).

Jakarta - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan enggan penuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November kalau Presiden Rusia Vladimir Putin hadir. Pernyataan itu disampaikannya kepada wartawan di Kyiv belum lama ini. 

"Posisi pribadi saya dan posisi Ukraina adalah jika pemimpin Federasi Rusia ambil bagian, maka Ukraina tidak akan ambil bagian. Kita lihat saja nanti seperti apa," ujar Zelensky sebagaimana dikutip dari Reuters pada Sabtu (5/11/2022). 

Sebelumnya, pada Kamis (3/11/2022), Zelensky mengabarkan sudah berkomunikasi dengan Jokowi lewat telepon. Dalam kesempatan itu, keduanya berdiskusi soal situasi terbaru di Ukraina, persiapan KTT G20 hingga kesepakatan biji-bijian Laut Hitam.

"Baru saja menelepon Presiden Indonesia Jokowi. Kami mendiskusikan pentingnya inisiatif biji-bijian. Ukraina siap untuk melanjutkan peran dalam menjamin keamanan pangan global. Perhatian juga dicurahkan untuk persiapan KTT G20," cuit Zelenskyy. 

Percakapan itu terjadi satu hari setelah Jokowi berkomunikasi dengan Putin pada Rabu (2/11/2022). Dalam kesempatan itu Jokowi mengapresiasi keputusan Rusia kembali bergabung dalam kesepakatan biji-bijian Laut Hitam.

Sementara itu, Putin sendiri hingga saat ini menyatakan belum memutuskan apakah akan menghadiri KTT G20 secara langsung. Namun walaupun tak bisa hadir, Putin bakal mengirim pejabat Rusia untuk menggantikannya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait