Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Nostalgia Lomba 17 Agustus, Mana yang Paling Bikin Kangen?

Griska Laras,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Nostalgia Lomba 17 Agustus, Mana yang Paling Bikin Kangen?
Image: Freepik

Jakarta - Perayaan lomba 17 Agustusan merupakan tradisi tahunan yang selalu dilakukan masyarakat dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Dari anak-anak hingga orang tua semuanya tidak mau melewatkan momen ini.

Sayangnya, HUT RI kali ini masih dirayakan di tengah pandemi corona. Segala kemeriahan termasuk perlombaan ditiadakan untuk menghambat laju kasus COVID-19.

Beberapa jenis lomba dialihkan secara online lewat media sosial, seperti baca puisi atau cerdas cermat. Namun tak bisa dipungkiri, perlombaan online ini tidak bisa menggantikan keseruan lomba-lomba 17 Agustusan yang biasa diadakan.

Nah untuk bernostalgia, berikut beberapa lomba ikonik yang selalu digelar setiap perayaan 17 Agustusan.

1. Makan Kerupuk

1628841752-lomba-makan-kerupuk.jpgSumber: lomba makan kerupuk/pinterest

Lomba makan kerupuk jadi salah satu lomba yang banyak diminati anak-anak maupun orang dewasa. Para peserta harus menghabiskan kerupuk yang digantung di ketinggian tertentu secepat mungkin. Tak hanya itu, peserta juga dilarang memegang kerupuk dengan tangan.

Fyi, lomba makan kerupuk memiliki filosofi mendalam di baliknya loh, Urbanreaders. Makan kerupuk dengan tangan terikat menjadi simbol sulitnya masyarakat mendapatkan makanan layak di zaman penjajahan dulu.

2. Panjat Pinang

1628841968-Panjat-Pinang.jpgSumber: lomba panjat pinang/pinterest

Lomba ini umumnya dilakukan oleh laki-laki secara berkelompok. Para peserta harus memanjat batang pinang yang telah dilumuri lumpur untuk mengambil hadiah yang telah disediakan di puncak.

Tiap anggota perlu bahu-membahu untuk mencapai puncak dengan saling panjat badan temannya. Karena itu, lomba ini tak hanya mengandalkan kekuatan tetapi juga kerja sama tim yang solid.

Hadiah yang ada di puncak pinang bermacam-macam, mulai dari kipas angin, rice cooker, dispenser, sepeda, bahkan ada sepeda motor juga loh.

3. Balap Karung

1628841744-lomba-balap-karung.jpgSumber: Lomba balap karung/Pinterest

Dalam lomba balap karung, para peserta harus melompat ke garis finish dengan memakai karung. Tingkah kocak dan jatuh bangun peserta saat melompat jadi salah satu alasan lomba ini diminati banyak orang.  

Sama halnya dengan lomba makan kerupuk, lomba balap karung juga memiliki filosofi di baliknya, loh. Lomba ini menggambarkan betapa susahnya mencari pakaian layak saat masa penjajahan.

4. Tarik Tambang

1628841759-lomba-tarik-tambang.jpgSumber: lomba makan tarik tambang/pinterest

Dilakukan secara berkelompok, lomba tarik tambang mengandalkan kekuatan fisik tiap anggota. Biasanya peserta yang jago olahraga dan berbadan atletis kerap ditunjuk untuk mengikuti lomba ini.

Para peserta harus menarik tali tambang sekuat tenaga hingga membuat lawan menginjak garis batas yang telah ditentukan.

5. Sepeda Hias

1628842153-Sepeda-hias.jpgSumber: Sepeda hias/Pinterest

Lomba ini umumnya diikuti oleh anak-anak. Para peserta menghias sepedanya dengan kertas warna-warni sesuai tema yang ditentukan. Sepeda yang sudah dihias itu lalu dipamerkan pada karnaval yang diadakan tepat pada 17 Agustus.

Nah dari 5 lomba ikonik 17 Agustusan di atas, mana yang paling bikin kangen, Urbanreaders? 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait