Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Obituari Koes Hendratmo, Presenter Legendaris 'Berpacu Dalam Melodi'

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Obituari Koes Hendratmo, Presenter Legendaris 'Berpacu Dalam Melodi'
Image: Koes Hendratmo. (Instagram @koeshendratmo902).

Jakarta - Penyanyi sekaligus presenter legendaris Indonesia, Koes Hendratmo menghembuskan napas terakhir pada Selasa (7/9/2021). Kepergian Koes, menjadi duka mendalam bagi dunia hiburan Tanah Air. 

Pria kelahiran 9 Februari 1943 ini diketahui memulai karier di dunia hiburan sebagai seorang penyanyi pada 1960-an. Ia mulai bernyanyi sejak duduk di bangku SMA. Saat itu, ia tergabung dalam grup musik bernama Riang Ria di Yogyakarta.

Koes pun mulai dikenal lewat lagu 'Lambaian Bunga' dan 'Wanita Wanita'. Semasa hidupnya, Koes telah merilis sejumlah album. Mulai dari album solo hingga kompilasi, bahkan lintas genre. Di antaranya adalah Lambaian Bunga, Pop Indonesia Vol 1, Pop Batak Legendaris, hingga My Love for You.

Nama Koes Hendratmo pun kian melejit ketika ia ditunjuk sebagai presenter dalam sebuah program kuis televisi bertajuk 'Berpacu Dalam Melodi' pada 1988 di TVRI. Hingga saat ini, namanya bahkan masih lekat dengan acara musik besutan Ani Sumadi itu.

Bagaimana tidak, Koes dengan penampilan dan suara khasnya itu selalu menemani penonton setia 'Berpacu Dalam Melodi' selama bertahun tahun. Mulai dari Musim I hingga Musim III, Koes dipercaya menjadi presenter meski program tersebut sempat pindah tayang ke stasiun televisi lain.

Kepiawaian Koes memandu acara pun membuatnya ditunjuk sebagai presenter dan master of ceremony (MC) di berbagai kesempatan. Salah satunya, program milik salah satu televisi swasta di tahun 2014 yang bertajuk PESTA.

Koes sendiri memandu Berpacu Dalam Melodi hingga tahun 2014. Setelah itu, program tersebut pindah tayang ke stasiun NET TV dan Koes tak lagi menjadi pemandu acara tersebut. Posisinya digantikan oleh David 'Naif'.

Sejak saat itu, Koes mulai jarang tampil di layar kaca. Namun kariernya di dunia MC dan tarik suara tak terhenti sampai di situ. Ia masih aktif menjadi presenter hingga bintang tamu di berbagai acara hingga tahun lalu. Kegiatannya itu pun tak jarang ia bagikan lewat postingan di akun Instagram pribadinya.

Semasa hidupnya, Koes diketahui dua kali terikat janji suci pernikahan. Dari pernikahan pertamanya bersama Herdawati Bakrie, Koes dikaruniai dua orang anak yaitu Bonita dan Anda Perdana. Namun pernikahan itu harus berakhir di tengah jalan.

Koes kemudian menikah lagi pada 14 Januari 2007 dengan Aprilia Puspitawati. Dari pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai seorang anak bernama Candisa.

Pada tahun ke-14 pernikahan keduanya itu, Koes harus kehilangan istri tercinta. Aprilia meninggal dunia pada Kamis (20/5/2021) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat pada usia 52 tahun. 

Berselang tiga bulan lebih dari kepergian Aprilia, Koes kembali ke pangkuan Sang Pencipta. Ia dinyatakan meninggal dunia di usia 78 tahun pada Selasa (7/9/2021) di kediamannya di Jakarta.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait