beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Benarkah Cuaca Panas Bikin AC Mobil Rusak? Ini Penjelasannya

Hanisa Sutoyo, 15 Juni 2022 01.07.26
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Benarkah Cuaca Panas Bikin AC Mobil Rusak? Ini Penjelasannya
Image: Cek kondisi AC mobil (Foto: Freepik)

Jakarta – Cuaca yang panas membuat kita merasa gerah dan tidak nyaman, ya, Urbanreaders. Terlebih ketika sedang berada di dalam mobil dan menempuh perjalanan jarak jauh, pastinya kita akan memerlukan AC. 

Namun, ternyata cuaca panas bikin AC mobil mudah rusak, loh. Kira-kira kenapa, ya hal ini bisa terjadi? Yuk, simak penjelasan Daihatsu berikut ini!

Tidak hanya AC, komponen pada mobil yang sudah lama dan sering dipakai memang bisa rusak dengan sendirinya, dan itu artinya mobil kamu sudah termakan usia, nih.

Tetapi, AC yang rusak tidak selalu karena mobil sudah tua, ya, Urbanreaders. Hal ini bisa juga terjadi karena paparan sinar matahari yang terik di musim panas.

Mobil yang terkena panas matahari terlalu lama bisa membuat mesinnya mengalami overheat. Kondisi ini bisa disebabkan karena terdapat masalah pada sistem pendinginnya.

Jika sudah seperti ini, maka kamu akan merasa suhu di dalam mobil kurang dingin padahal kamu sudah menyalakan AC cukup maksimal.

Nah, kondisi AC yang kamu nyalakan dengan berlebihan ini juga bisa membuat kompresor terlalu panas dan menyebabkan kondensor sulit untuk melakukan kondensasi, sehingga suhu AC terasa kurang dingin.

Maka dari itu, kamu harus rutin mengecek kondisi mobil kamu, ya. Terlebih di tengah cuaca panas dengan matahari yang terik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait