beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

GIIAS 2022 Resmi Dibuka, Menko Airlangga Langsung Jajal Mobil Listrik

Fitri Nursaniyah, 11 Agustus 2022 21.57.23
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
GIIAS 2022 Resmi Dibuka, Menko Airlangga Langsung Jajal Mobil Listrik
Image: Instagram/@giias_id

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto hadir dalam acara pembukaan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Kamis (11/8/2022) di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Airlangga memberikan apresiasi terhadap GIIAS tahun ini yang menghadirkan lebih banyak kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

"Saya kira mobil listrik (EV) relatif lebih banyak kali ini dibandingkan pameran-pameran GIIAS sebelumnya. Saya apresiasi, selamat," ucap Airlangga dalam pembukaan GIIAS 2022, Kamis (11/8).

Airlangga mengingatkan bahwa pemerintah memberikan regulasi dan insentif untuk mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik.

“Pemerintah sudah keluarkan insentif lewat PP No 74 tahun 2021 dan PP No. 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah,” ungkap Airlangga.

“Selain itu, PLN juga didorong untuk membuat ekosistem charging station sehingga masyarakat lebih mudah untuk memilih EV yang saat ini mulai bisa bersaing di range Rp200-300 juta. Ini menjadi bahan pertimbangan,” imbuhnya.

Setelah ikut andil membuka acara pameran otomotif yang akan berlangsung sampai 21 Agustus itu, Airlangga terpantau mencoba fasilitas test drive di GIIAS 2022.

Akun Instagram resmi GIIAS @giias_id merekam momen ketika Airlangga, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang, dan jajarannya menumpangi mobil listrik di area EV Test Track dalam arena.

"Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Bapak Airlangga Hartarto beserta jajaran mencoba kendaraan listrik di area Indoor EC Test Track, GIIAS 2022," tulisnya dikutip Urbanasia.

Terdapat 13 kendaraan listrik penumpang dan komersial, serta 10 kendaraan listrik roda dua di area tersebut.

Arena 'Indoor EV Test Track' terletak di Hall 10. Lewat fasilitas ini, Urbanreaders yang berkunjung berkesempatan test drive mobil listrik terbaru yang dipamerkan di sana.

Area test drive indoor yang disediakan GIIAS 2022 memiliki luas 5.000 meter persegi. Area ini berada di dalam ruangan mengingat kendaraan yang bisa dicoba berbasis listrik sehingga tidak akan menimbulkan polusi udara dan suara.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait