beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Tips Aman Nyetir di Tanjakan Licin saat Musim Hujan

Priscilla Waworuntu, 1 November 2022 22.48.09
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Aman Nyetir di Tanjakan Licin saat Musim Hujan
Image: Ilustrasi mobil di tanjakan. (Pinterest/Creative Market)

Jakarta - Saat hujan melanda, pasti seluruh jalanan akan menjadi basah dan licin. Kondisi ini jadi masalah, terutama bagi kamu yang hendak bepergian jauh.

Medan yang licin jadi tantangan berat bagi para pengemudi. Tentu hal ini harus diatasi dengan skill mengemudi yang mumpuni.

Nah, buat yang masih belajar nyetir dan belum menguasai banyak teknik, pas banget nih karena Urbanasia akan membagikan tips nyetir mobil di medan licin dan menanjak saat musim hujan.

1. Mempertahankan Traksi 

Traksi adalah gaya gesek yang terjadi antara ban kendaraan dengan permukaan jalan sehingga menjaga mobil agar tidak tergelincir maupun selip serta sesuai selama penggunaan.

Ketika pengemudi kehilangan traksi saat mengemudi di jalan yang curam, ada baiknya mengikuti langkah berikut. Seperti, tidak menekan pedal gas secara penuh yang membuat kendaraan terdorong ke depan.

Hal ini karena jika kendaraan dipaksa untuk terdorong ke depan, mesin akan menjadi overheating. Biasanya hal ini kerap dialami oleh kendaraan bus atau truk dan yang pada akhirnya akan menyebabkan mogok.

Jika pengemudi tetap ingin menambah kecepatan saat tengah mendaki tanjakan lakukan dengan perlahan dan bertahap, agar tidak memaksakan kinerja mesin.

2. Jaga Jarak dengan Kendaraan lain 

Saat berada di jalanan yang menanjak, pengemudi sangat perlu menjaga jarak dengan kendaraan di depannya. Hal ini agar pengemudi di depan maupun di belakang bisa menjaga jarak jika kendaraan lain berhenti mendadak. Selain itu, hal ini juga sangat menghindari pengendaraan lain dari rawannya kecelakaan. 

3. Perhatikan Tikungan 

Ketika mengemudi di daerah perbukitan, kamu pasti akan sering sekali menemukan jalanan yang menanjak. Ketika banyak tanjakan, tikungan pun juga pasti akan sering kamu temui.

Nah, saat melewati tikungan yang menanjak, pastikan kecepatan kendaraanmu tidak lebih dari 60 km/jam. Pada banyak kasus, seringkali pengemudi lupa untuk menurunkan kecepatan kendaraannya yang akhirnya berakibat pada kecelakaan. 

Kalau hal seperti ini terjadi pada kendaraanmu, segeralah menepikan jalan ke bahu jalan. Hal ini karena biasanya bahu jalan akan ada banyak batu kerikil yang bisa menghambat laju kendaraan dan kamu bisa juga mengerem kendaraan. 

4. Pilih Ban yang Benar 

Ketika kamu ingin melakukan perjalanan di musim hujan yang jalanannya sering kali licin dan memudahkan kendaraan untuk tergelincir, kamu juga perlu memilih ban yang tepat. Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah Smart Work AM 09 dari Hankook Tire.

Ban ini dapat menyesuaikan pada dua jenis permukaan jalanan, baik yang tidak rata dan menanjak, hingga mulus seperti jalan tol. Dilengkapi dengan alur traksi zigzag, ban ini dapat membantu kendaraan niaga dalam mempertahankan kerja traksi yang disempurnakan. 

 
Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait