Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

PeduliLindungi Tambahkan Fitur Registrasi dan Sertifikat Vaksinasi

Afid Ahman,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
PeduliLindungi Tambahkan Fitur Registrasi dan Sertifikat Vaksinasi
Image: Tampilan aplikasi PeduliLindungi. (Afid/Urbanasia)

Jakarta - Platform PeduliLindungi mendapat tambahan fitur registrasi dan sertifikat vaksin COVID-19. 

Hal tersebut disampaikan langsung Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate saat rapat kerja bersama Komisi I DPR RI.

"Setelah vaksinasi langsung ada informasi terkait vaksinasi di dalam aplikasi. Bila telah melakukan vaksinasi yang kedua akan ada sertifikat digitalnya di dalam aplikasi PeduliLindungi," terang Menkominfo.

Mengingat pentingnya aplikasi PeduliLindungi, Menkominfo berharap Komisi I dapat bersama-sama melakukan sosialisasi lebih masif kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membantu Indonesia memutus rantai COVID-19, sekaligus membuka ruang kita bersama untuk melakukan pemulihan ekonomi.  

Terkait peran strategis dalam upaya dukungan penangan COVID-19, Kementerian Kominfo juga telah menyediakan chatbot registrasi vaksin bagi tenaga kesehatan. Kementerian Kominfo menyediakan akses pendaftaran akses vaksinasi berupa kanal chat WhatsApp pada tautan ini atau nomor 081110500567.

Sementara, bagi SDM tenaga kesehatan yang data dirinya belum termasuk ke dalam daftar, dapat melakukan registrasi di mana saja untuk memudahkan menerima vaksin COVID-19.  Ada dua metode dalam pendataan, yaitu online dan offline.  

"Secara offline masih ada masyarakat yang belum melakukan pendaftaran atau belum merespon apa yang terdata secara online, maka petugas lapangan di pemukiman masyarakat baik oleh bambinsar atau bambikamtibnas dibantu pemda melakukan pendekatan perorangan untuk menyukseskan vaksinasi COVID-19," pungkas Menkominfo.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait