menu
user
URnews

Pemeriksaan GeNose C19 Kini Tersedia di Stasiun Gubeng dan Malang

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pemeriksaan GeNose C19 Kini Tersedia di Stasiun Gubeng dan Malang
Image: Ilustrasi pemeriksaan COVID-19 dengan GeNose C19 di stasiun kereta api. Sumber: Humas PT KAI

Surabaya - Urbanreaders, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 8 Surabaya baru saja menambah fasilitas pemeriksaan GeNose C19 di dua stasiunnya, yaitu Stasiun Gubeng dan Malang. Layanan GeNose C19 di dua stasiun ini sudah bisa kamu nikmati mulai hari ini, Minggu (28/2/2021).

Dengan penambahan ini, artinya telah ada tiga stasiun di wilayah Daop 8 Surabaya yang menyediakan layanan pemeriksaan COVID-19 satu ini. Tiga stasiun itu di antaranya Stasiun Pasarturi, Surabaya Gubeng, dan Malang.

“Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 merupakan bentuk komitmen KAI untuk menyediakan layanan transportasi kereta api yang bebas dari COVID-19,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dikutip dari rilis resminya, Minggu (28/2/2021).

Nah penambahan ini kata Joni, sejalan dengan aturan pemerintah dalam SE Kemenhub No 20 Tahun 2021 dan SE Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021 terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh guys. Seperti yang kita tahu, di tengah pandemi ini para penempuh perjalanan jarak jauh memggunakan kereta api wajib menunjukkan surat keterangan negatif hasil tes GeNose C19 atau tes cepat antigen atau RT-PCR yang berlaku maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Untuk itu, Joni mengatakan KAI bakal terus menambah layanan ini secara bertahap di stasiun-stasiun lainnya. Sehingga targetnya GeNose C19 akan tersedia di 44 stasiun nantinya. Sehingga, Joni memastikan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Rajawali Nusindo serta Universitas Gadjah Mada untuk memastikan kesiapan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun lainnya.


Layanan GeNose C19 di Daop 8 Surabaya

Seperti yang kita tahu, layanan GeNose C19 kini telah tersedia di 3 stasiun yang ada di Daop 8 Surabaya. Nah layanan ini tersedia setiap hari dengan jadwal berbeda guys.

Untuk layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasarturi tersedia setiap hari pukul 07.00 - 18.00 WIB. Jam operasional ini juga berlaku untuk layanan yang tersedia di Stasiun Surabaya Gubeng. Sementara dilansir dari Antara, untuk Stasiun Malang layanan ini buka mulai 07.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Jadi jangan sampai salah ya guys!

Urbanreaders juga gak perlu khawatir karena biaya pemeriksaan COVID-19 dengan GeNose C19 cukup terjangkau. Sekali pemeriksaan, calon penumpang kereta api cukup mengeluarkan uang Rp 20 ribu.


Syarat melakukan pemeriksaan GeNose C19

Untuk bisa melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu pahami dulu nih guys. Pertama, kamu harus punya tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas. Setelah itu baru deh kamu bisa menuju ke stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan dengan GeNose C19.

Ingat! Sebelum 30 menit melakukan pemeriksaan, pastikan kamu tidak merokok, makan, dan minum (kecuali air putih). Hal ini harus dilakukan untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

Sementara saat pemeriksaan, jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan ya. Setelah itu kamu tinggal meniup kantong udara hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan. Setelah itu tinggal tunggu deh sampai hasilnya keluar. Nah, hasil pemeriksaan GeNose C19 ini akan berlaku 3 x 24 jam sejak dikeluarkan dan dapat digunakan di seluruh stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh. 

Untuk info selengkapnya terkait layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dan syarat naik KA Jarak Jauh pada masa pandemi COVID-19, kamu bisa menghubungi Customer Service di stasiun terdekat, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait