menu
user
URnews

Pemerintah Belum Tetapkan Harga Vaksin Gotong Royong

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pemerintah Belum Tetapkan Harga Vaksin Gotong Royong
Image: Menkes Budi Gunawan Sadikin . (Kementerian Kesehatan RI)

Sidoarjo - Vaksinasi Gotong Royong alias vaksinasi mandiri telah mengantongi izin dari pemerintah. Namun hingga saat ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunawan Sadikin mengaku pemerintah belum menetapkan harga vaksin Gotong Royong COVID-19 ini karena masih menunggu pengajuan dari Bio Farma.

Pernyataan itu disampaikan Budi kepada wartawan di sela kunjungannya ke Pondok Pesantren Bumi Sholawat di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (27/2/2021) lalu. Ia mengatakan penetapan harga vaksin Gotong Royong COVID-19 ini bakal ditentukan setelah Bio Farma menemukan produsen yang sesuai dan kemudian mengajukan harga ke pemerintah. 

"Jadi vaksin mandiri atau vaksin Gotong Royong itu nanti akan dilakukan oleh BUMN, Bio Farma dengan swasta. Nanti mereka akan mencari siapa produsen vaksin yang bisa dibeli dan nanti kemudian harganya ditentukan oleh mereka," kata Budi kepada wartawan, Sabtu (27/2/2021) lalu.

"Nanti itu tergantung mereka. Nanti mereka dulu yang harus dapat baru namti diajukan (harganya)," lanjut Budi.

Menurut Budi, setelah ada kesepakatan dari Bio Farma dan pemerintah maka barulah besaran tarif batas atas dan bawah vaksin Gotong Royong bisa ditetapkan. Sehingga pemerintahlah yang akan menentukannya, guys.

"Akan kami (pemerintah) tentukan (tarif batas atas dan bawah vaksin Gotong Royong), tapi sesudah diajukan oleh Bio Farma," tegasnya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah merestui pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong pada Rabu (24/2/2021). Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Nah vaksin yang digunakan dalam program tidak boleh menggunakan vaksin Sinovac, AstraZeneca, Novavax, dan Pfizer guys. Sebab vaksin-vaksin ini merupakan vaksin gratis program pemerintah.

Namun yang jelas vaksin yang akan di gunakan dalam vaksinasi Gotong Royong harus mendapat izin penggunaan di masa darurat (EUA) atau penerbitan nomor izin edar (NIE) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan sesuai ketentuan peraturan perundangundangan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait