menu
user
URnews

Usai Vaksinasi, Pembelajaran Tatap Muka Diharapkan Segera Dimulai

Shelly Lisdya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Usai Vaksinasi, Pembelajaran Tatap Muka Diharapkan Segera Dimulai
Image: Ilustrasi belajar mengajar tatap muka. (Dok Setda Kabupaten Tegal)

Jakarta - Pemerintah memastikan pembelajaran tatap muka (PTM) akan berlangsung pada semester genap tahun ini.

Untuk itu, vaksinasi terhadap tenaga pendidik dan dosen harus dirampungkan pada Juni 2021. Langkah ini diharapkan, setelah vaksinasi nanti ada keberanian masyarakat untuk segera memulai pembelajaran di sekolah.

“Kemendikbud bekerjasama dengan Kemenkes dan Kemenag melaksanakan program vaksinasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan agar pembelajaran tatap muka segera dapat diimplementasikan,” ujar Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, Jumeri dalam Webinar Vaksinasi Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Rabu (24/2/2021).

Ia pun menjelaskan, nantinya wilayah-wilayah yang sudah lebih dulu menerima vaksinasi secara tuntas, bisa berkoordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 untuk pelaksanaan PTM. 

"Diharapkan bisa segera memulai PTM, dan daerah yang sudah divaksinasi segera berkoordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 setempat sesuai SKB 4 Menteri tentang PTM," jelasnya.

Selama pembelajaran daring, banyak masalah atau kendala yang dialami oleh peserta maupun tenaga pendidik. Hal ini lantaran sebagian wilayah Indonesia belum sepenuhnya mendapat jangkauan internet.

"Saat ini tercatat 86 persen satuan pendidikan kita masih belajar dari rumah dan hanya 14 persen melaksanakan PTM. Padahal sebagian besar peserta didik terkendala dalam pelaksanaan belajar di rumah. Keterbatasan internet menjadi kendala yang paling besar. Untuk itu kami harapkan segera diimplementasikan PTM,” tandas Jumeri.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait