beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Pengakuan Selebgram Titan Tyra Usai Foto Palsu Bugilnya Viral

Dyta Nabilah,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengakuan Selebgram Titan Tyra Usai Foto Palsu Bugilnya Viral
Image: Selebgram Titan Tyra Angkat Bicara Terkait Foto Bugil Palsu. (Instagram/Titantyra)

Jakarta - Selebgram dan beauty vlogger Titan Tyra mengaku mengalami kejahatan siber. Ia merasa dirugikan karena foto palsu dirinya bugil beredar di media sosial. Hal tersebut diungkapkan Titan melalui Instagramnya @titantyra.

"Ada beberapa foto-foto saya yang dipalsukan bugil beredar di Twitter dan di platform media sosial lainnya. Saya pun tidak tahu beredar di mana, tapi saya akhir-akhir ini terima beberapa hal tentang hal ini, hingga ada yang memakai bahasa pemerasan meskipun itu foto palsu," jelas Titan, Rabu (28/7/2021).

Awalnya, Titan tidak ingin mengambil tindakan karena sudah menyadari bahwa foto itu merupakan foto editan. Setelah mencari tahu, ternyata banyak media yang mempublikasikan berita tentang ribuan korban yang diedit tanpa busana.

"Saya tadinya mau mengabaikan saja masalah ini karena saya dan keluarga tau itu adalah foto editan, serta memang sudah ribuan perempuan menjadi korban," lanjutnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Titan Tyra (@titantyra)

Namun, jika Titan tidak angkat bicara tentang masalah ini, ia merasa mendukung orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk melancarkan aksinya.

"Kalau saya tidak speak up tentang masalah ini, berarti saya saya secara tidak langsung mendukung hal ini untuk berlanjut. Saya ingin menggunakan platform saya untuk raise awareness mengenai ini, karena tidak semua korban bisa speak up," kata Titan.

Titan juga mengingatkan kepada semua orang agar berhenti menyebarkan foto tanpa busana, baik asli maupun palsu. Menurutnya, tindakan itu merupakan kejahatan siber global yang bisa dipidana secara hukum.

"Kalau kamu share, kamu pun termasuk sebagai bagian besar dari masalah ini. Ini adalah masalah global dan termasuk dalam kejahatan siber. Kejahatan siber adalah tindakan kriminal dan dapat dipidana secara hukum," tutup Titan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Titan Tyra (@titantyra)

Walaupun sudah tegas dalam menyampaikan pernyataannya, masih ada komentar yang menghakimi cara berpakaian Titan. Ia pun menjawab bahwa anak laki-laki harus diajarkan untuk tidak melecehkan perempuan. 

"Kita harus mengajar anak putra kita untuk tidak melihat perempuan dengan mata mesum dan untuk tidak perkosa wanita, bukan mengajar anak putri untuk merubah cara mereka berpakaian," balas Titan kepada orang yang berkomentar.

Titan mengakui tidak bisa mengontrol nafsu orang lain. Tetapi, jika nafsu tersebut sudah mengarah ke tindakan, tentunya dia tidak terima. Karena tindakan tersebut bisa menyakiti dirinya.

"Kalau ada orang yang nafsu ke saya, bisa disimpan untuk diri sendiri saja. Yang pasti, kalau rasa nafsu itu sudah ada TINDAKAN, bertindak jahat seperti ngedit foto/video saya, berkomentar kepada saya, melecehkan secara verbal/fisik ,perkosa saya, di saat itulah saya tentu akan bersuara dan GAK TERIMA," tegas Titan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait