beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Penjualan Album KPop Meroket, BTS Paling Laris

Alfian Muntahanatul Ulya,
19 Juli 2022 12.41.47 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Penjualan Album KPop Meroket, BTS Paling Laris
Image: Grup K-Pop BTS. (Instagram/bts.bighitofficial)

Jakarta - Penjualan album KPop pada paruh pertama tahun 2022 ini mencapai rekor tertingginya sepanjang masa. 'BTS' menduduki puncak dalam daftar jumlah album yang terjual selama periode itu.

Kepala Peneliti Circle Chart, Kim Jin Woo melaporkan, penjualan gabungan 400 album fisik teratas di Korea Selatan mengalami peningkatan sebesar 34,6 persen menjadi 34,9 juta kopi di periode itu.

Penjualan album KPop secara fisik mengalami lonjakan drastis ketika pandemi COVID terjadi. Pada tahun 2018 terjual sebanyak 10,48 juta dan meningkat menjadi 12,93 juta di tahun berikutnya. 

Saat awal pandemi 2020, penjualan mengalami peningkatan menjadi 18,36 juta dan makin melonjak di tahun 2021 yakni sebanyak 25.96 juta. 

Melansir Yonhap, Selasa (19/7/2022), 'BTS' menjadi album paling laris di antaranya yang lain. Album mereka telah terjual sebanyak 4,52 juta kopi pada semester I 2022.

Tak hanya 'BTS', artis KPop lain yang masuk ke daftar atas penjualan album di antaranya 'NCT Dream' dengan akumulasi penjualan 3,98 juta kopi, 'Seventeen' 2,72 juta, 'Tomorrow X Together' 2,10 juta, 'Stray Kids' 2,07 juta, dan Lim Young Woong 1,14 juta kopi.

Dari total 4,52 juta kopi album 'BTS' yang terjual di pasaran, album 'Proof' menjadi yang paling laris dengan penjualan sekitar 2,96 juta kopi. Album lain seperti 'BE' dan 'Butter' juga tak kalah laku.

Kehadiran fandom dari luar negeri yang besar disebut-sebut menjadi salah satu alasan di balik meledaknya album KPop di pasaran. Circle Chart juga mulai memisahkan data penjualan album untuk domestik dan luar negeri untuk merinci pangsa pasar.

Tak hanya berpengaruh pada penjualan album, kehadiran penggemar luar negeri ini juga memiliki pengaruh lebih besar pada penayangan YouTube, di mana sebagai ukuran popularitas artis KPop.

Fans dari Asia Tenggara khususnya, terkenal karena mengekspresikan dukungan untuk artis favorit mereka melalui YouTube dan media sosial. Statistik di YouTube juga menunjukkan bahwa 5 dari 10 negara teratas dengan viewers YouTube 'BTS' tertinggi selama setahun terakhir adalah negara-negara di Asia Tenggara.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait