menu
user
URstyle

Penting Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi COVID-19

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Penting Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi COVID-19
Image: Ilustrasi kesehatan mental. (Pixabay/engin akyurt)

Jakarta - Pandemi COVID-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia banyak membawa perubahan dalam kehidupan sehari-hari kita. Seperti halnya ketidakpastian situasi, perubahan rutinitas, isolasi sosial, bahkan tekanan ekonomi cenderung membuat kita merasa stres dan sangat mengganggu kesehatan mental.

Gangguan kesehatan mental, termasuk kecemasan dan depresi dapat semakin memburuk jika kamu tidak bisa mengatasinya dengan baik. Maka dari itu kamu membutuhkan stategi khusus untuk dapat mengatasinya, supaya hidup kamu lebih bisa terkendali secara baik dan sehat.

Jika kesehatan mental kita terjaga, kita pun bisa memiliki mood yang baik dan daya tahan tubuh dapat semakin kuat. Lalu, apa aja sih cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi COVID-19 ini? Simak informasi di bawah ini ya!

1. Lakukan Rutinitas Baru

1613977126-ilustrasi-berolahraga-pixabay-Marcus-Aurelius.jpegIlustrasi berolahraga (Pixabay/Marcus Aurelius)

Selama masa pandemi, banyak banget pembatasan aktivitas di luar rumah seperti bekerja dari rumah, sampai belajar dari rumah, kegiatan tersebut pastinya amat sangat membuat kita bosan dan seringkali merasa stres karena harus selalu di rumah.

Supaya kamu nggak stres, bosan dan tetap bersemangat saat menjalani aktivitas di rumah, kamu perlu melakukan rutinitas baru nih guys. Contohnya seperti, mengonsumsi makanan sehat, bangun dan tidur pada waktu yang sama, rutin berolahraga, dan meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai.

2. Bertemu Online dengan Keluarga dan Teman

1613977688-pexels-photo-4099096.jpeg-temu-online-pixabay-by-matilda-wormwood.jpegIlustrasi bertemu online. (Pixabay/Matilda Wormwood)

Kamu boleh aja merasa terisolasi di dalam rumah karena harus menerapkan physical distancing selama masa pandemi, tetapi selagi kamu masih diuntungkan dengan adanya internet, kamu masih bisa ko melakukan interaksi sosial jarak jauh dengan orang-orang yang kamu cintai.

Adanya koneksi semacam ini bisa membantu kamu untuk survive dan menjaga kesehatan mental kamu selama masa karantina, jadi manfaatkan alat teknologi yang kamu punya semaksimal mungkin ya.

3. Membantu Orang Lain yang Membutuhkan

1613977793-pexels-photo-3983413.jpeg-berbagi-pixabay-by-gustovo-fring.jpegIlustrasi memberi masker. (Pixabay/Gustovo)

Selain mengganggu kesehatan mental, pandemi COVID-19 ini juga berdampak pada ekonomi masyarakat. Dalam kondisi seperti ini, saling membantu dan menguatkan satu sama lain adalah salah satu kunci untuk kita survive melewati masa-masa sulit di tengah wabah pandemi COVID-19.

Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, kamu bisa melakukannya dengan hal yang sederhana, seperti halnya membagikan makanan untuk orang yang membutuhkan, atau membantu menggalang dana untuk membeli alat kesehatan. Kemudian, kamu bisa menyumbangkannya kerumah sakit terdekat maupun membagikannya langsung ke orang-orang sekitar yang tidak bisa  tinggal di rumah karena harus mencari nafkah di luar rumah.

Dengan cara membantu orang lain, kita pun akan merasa lebih baik dan lebih bisa menerima diri sendiri, hal ini tentunya berdampak positif juga untuk kesehatan mental dan menjaga stabilitas emosi diri selama masa COVID-19.

4. Batasi Mengakses Berita

1613978631-pexels-photo-5965914.jpeg-membaca-berita-pixabay-by-charlotte-may.jpegIlustrasi mengakses berita. (Pixabay/Charlottemay)

Mengakses berita dan memantau informasi terkini memang penting, tapi bukan berarti kamu harus selalu memantaunya 24 jam dalam sehari penuh. Karena, berita yang kamu terima saat itu, mungkin aja nggak semuanya berita positif terkadang ada juga berita negatif yang malah bikin kamu stres bahkan down. Hal ini tentunya sangat mengganggu kesehatan mental kamu.

Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan mental dan merasa lebih baik, mulailah dengan melakukan diet media. Kamu boleh sesekali mengikuti berita terbaru yang ada di TV ataupun media sosial lainnya dengan diimbangi membaca buku atau sekadar mendengarkan musik favorit sambil bersantai.

5. Luangkan Waktu untuk Memanjakan Diri

1613978524-pexels-photo-774866.jpeg-bahagiakan-diri-sendiri-pixabay-by-andrea-piacquadio.jpegIlustrasi mengakses berita. (Pixabay/Charlottemay)

Guys, dimasa pandemi seperti sekarang ini penting banget buat kamu bisa luangin waktu untuk memanjakan diri kamu sendiri.

Kalo kamu lagi ngerasa kewalahan dan berada di ambang krisis kesehatan mental, luangkanlah waktu sebentar untuk bernapas, rileks dan lakukan sesuatu yang kamu sukai.

Kamu bisa menonton film, mendengarkan musik, bermain musik, atau bahkan membaca buku sembari menyeruput secangkir teh hangat. Apapun itu yang bisa membuat mu merasa lebih nyaman dan rileks lakukanlah.

Nah, itu dia hal penting yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan mental selama masa pandemi COVID-19. Semoga bermanfaat, and stay healty Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait