beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Penting untuk Keselamatan Berkendara, Ini 5 Fungsi Lampu Hazard

Alwin Jalliyani,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Penting untuk Keselamatan Berkendara, Ini 5 Fungsi Lampu Hazard
Image: Ilustrasi. (Pixabay/Pexels)

Jakarta - Lampu hazard merupakan komponen mobil yang jarang digunakan. Biasanya hanya dipakai dalam situasi darurat dan genting. Untuk mengaktifkan lampu hazard, cukup tekan tombol segitiga merah di bagian tengah dashboard. Setelah ditekan, lampu sein kanan dan kiri akan berkedip bersamaan.

Berikut fungsi lampu hazard yang dilansir dari Auto 2000.

1. Digunakan dalam Keadaan Darurat

1627813135-lampu-hazard-(3).jpgIlustrasi Lampu hazard. (Capri23auto/Pixabay)

Fungsi pertama sesuai dengan Undang-undang Pasal 121 ayat 1 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), berbunyi bahwa setiap pengemudi kendaraan bermotor diwajibkan untuk memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lainnya saat berhenti dalam keadaan darurat di jalan.

2. Sebagai Tanda Peringatan

Saat sedang berkendara, ada kalanya kamu bertemu dengan situasi darurat yang mengancam keselamatan. Misalnya, ada kecelakaan lalu lintas atau kondisi lain yang memaksa kendaraan berhenti mendadak. Lampu hazard bisa dinyalakan sebagai sinyal supaya mobil belakang lebih waspada.

3. Tidak Digunakan saat Cuaca Buruk

1627813126-lampu-hazard-(2).jpgIlustrasi lampu hazard. (Engin Akyurt/Pixabay)

Banyak orang salah kaprah dengan menyalakan lampu hazard saat cuaca buruk seperti hujan deras. Padahal menyalakan lampu hazard saat cuaca buruk justru dapat membahayakan keselamatan. Hal ini karena bila dinyalakan akan membuat lampu sein tidak berfungsi, sehingga membingungkan kendaraan lain.

4. Bukan Isyarat Masuk Terowongan

Kesalah lainnya adalah menyalakan lampu hazard saat memasuki terowongan.  Menyalakan lampu hazard ketika masuk terowongan justru harus dihindari. Isyarat lampu hazard akan membingungkan pengemudi kendaraan di belakang. Saat memasuki terowongan, cukup nyalakan lampu utama atau lampu senja agar jarak pandang terjaga.

5. Tidak untuk Iring-Iringan

1627813116-lampu-hazard.jpgIlustrasi lampu hazard. (JUNO KWON/Pixabay)

Saat konvoi mobil, banyak di antara mereka yang menyalakan lampu hazard sebagai tanda tergabung dalam rombongan. Memasang lampu hazard hanya akan membuat pengendara di belakang merasa kagok. Jika sedang konvoi, kamu cukup  jaga jarak dan kecepatan agar tidak tertinggal.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait