menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Penumpang KRL Wajib Pakai Baju Lengan Panjang Mulai Minggu Depan

Griska Laras,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Penumpang KRL Wajib Pakai Baju Lengan Panjang Mulai Minggu Depan
Image: Sejumlah calon penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline antre memasuki Stasiun KA Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin. (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Jakarta - Urbanreaders, kamu pengguna commuter line? Ada aturan baru nih yang ditetapkan PT Commuter Indonesia (KCI). 

Mulai minggu depan, penumpang diwajibkan mengenakan jaket atau baju lengan panjang selama bepergian dengan commuter line. Penumpang yang tidak mengenakan baju lengan panjang akan dilarang masuk stasiun. 

Kebijakan tersebut disampaikan Anne Purba selaku VP Corporate Communication PT KCI. Kata Anne, aturan penggunaan lengan panjang ini mengikuti Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 14 tahun 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran COVID-19.

"Sesuai SE Kemenhub No. 14 (penumpang) memang diwajibkan menggunakan lengan panjang," papar Anne.

Beberapa persyaratan yang tercantum dalam surat edaran tersebut di antaranya menggunakan masker, menjaga jarak antar penumpang, dan tidak berbicara di dalam kereta. Selain itu, penumpang diwajibkan memakai baju lengan panjang dan membawa hand sanitizer.

Aturan berpakaian ini juga telah disosialisasikan kepada para pengguna KRL selama satu minggu terakhir. 

"Seluruh jalur (KRL) satu minggu ini sudah kita sosialisasikan masif. Mudah-mudahan minggu depan sudah tertib semua," tambahnya.

Anne menyebut penumpang KRL terus mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya aktivitas perkantoran di Jakarta. Tercatat pada Senin (6/7/20) sebanyak 419.292 orang menggunakan KRL. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi pengguna KRL selama pandemi.

Demi mengurai kepadatan penumpang di area stasiun, PT KCI mengoperasikan layanan kereta luar biasa (KLB) rute Bogor - Manggarai yang diberangkatkan pukul 03.41 dan 03.52 WIB. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait