menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Peringati Penerbangan Pesawat Ulang-alik Pertama Dunia, LEGO Bawa Koleksi Baru

Kintan Lestari,
25 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Peringati Penerbangan Pesawat Ulang-alik Pertama Dunia, LEGO Bawa Koleksi Baru
Image: LEGO NASA Space Shuttle Discovery. (Dok. LEGO)

Jakarta - Urbanreaders, ada koleksi baru nih hadir untuk menambah koleksi LEGO yang kamu punya.

Bulan ini, LEGO mendatangkan set koleksi terbaru mereka ke Indonesia yakni NASA Space Shuttle Discovery Set. Set terbaru ini merupakan hasil rekonstruksi mendetail dari pesawat ulang-alik STS-31 yang diluncurkan pada April 1990.

Untuk diketahui, pesawat ulang-alik Discovery dan 5 awaknya adalah yang pertama dalam mengorbitkan teleskop Hubble ke luar angkasa. Sejak saat peluncurannya, teleskop Hubble telah memberikan banyak gambaran tentang ruang angkasa kepada masyarakat di Bumi yang akhirnya menjadi dasar terobosan dalam bidang astrofisika dan eksplorasi ruang angkasa.

Maka dari itu, peluncuran LEGO set ini merupakan bentuk penghormatan kepada momen perintis dalam sejarah ruang angkasa, yang sekaligus memperingati ulang tahun ke-40 sejak penerbangan pesawat ulang-alik pertama di dunia pada 12 April 1981.

LEGO NASA Space Shuttle Discovery Set tampil dengan replika yang detail, mulai dari pintu pesawat yang bisa terbuka sampai interior dari dek penerbangan atas ke bawah, dek tengah dan keluar ke pintu kompartemen kargo. 

Lalu set yang detail juga diterapkan pada teleskop luar angkasa Hubble, dengan cermin berengsel seperti aktual teleskop, susunan panel surya berwarna emas serta desain silver metalik yang reflektif dan realistis. Koleksi ini keseluruhan terdiri dari 2.354 blok LEGO.

1618397182-LEGO-NASA-Space-Shuttle-Discovery.jpgSumber: LEGO NASA Space Shuttle Discovery. (Dok. LEGO)

Milan Madge, Desainer LEGO Set, mengungkap tantangan yang ia alami saat membuat set ini.

“Pesawat ulang-alik adalah alat transportasi yang paling kompleks yang pernah dibuat, sehingga seperti yang dapat Anda bayangkan, membuat ini menjadi versi blok LEGO adalah tantangan yang menarik. Setiap inci ruang dalam kendaraan mempunyai fungsi uniknya masing-masing,” pungkas Madge dalam keterangan pers yang diterima Urbanasia, Rabu (14/4/2021).

“Umumnya, dalam model LEGO kita dapat mengandalkan ukuran untuk mengakomodasi struktur yang menyatukan seluruh rangkaian blok. Tetapi  pada Discovery Space Shuttle, kami perlu membuat eksterior yang halus dan interior yang mampu menahan kargo. Roda pendaratan juga menjadi salah satu tantangan terberat dari pembuatan model ini. Bagaimana caranya kita bisa memasang roda pendaratan depan dan utama tanpa mengurangi ruangan kompatemen kargo dan juga struktur model,” lanjutnya. 

Bagi Madge, bagian favoritnya di LEGO NASA Space Shuttle Discovery adalah bagian kursi yang membawa awak pesawat.

“Bagian favorit saya dalam set ini adalah kursi biru kecil yang membawa 5 manusia (awak kapal) jauh dari planet asal mereka dalam menjalankan misi yang memungkinkan kita untuk menemukan bagian-bagian alam semesta yang belum pernah terlihat sebelumnya!” tambahnya lagi.

1618397189-LEGO-NASA-Space-Shuttle-Discovery-3.jpgSumber: LEGO NASA Space Shuttle Discovery. (Dok. LEGO)

Demi membuat koleksi pesawat ulang-alik yang mendetail, LEGO Group berkolaborasi bersama Mantan Astronot NASA, Dr. Kathy Sullivan, untuk berbagi detail pengalamannya saat menjalani misi NASA STS-31. 

“Saya sangat senang melihat pesawat ulang-alik dalam bentuk LEGO blok ini, dan sangat terkesan dengan jumlah detail rumit yang telah berhasil mereka buat ulang dari modul tempat kami biasa tidur dan makan melalui apa yang kami sebut “kios susu” pada teleskop. Dengan melihat model ini, Saya senang bisa mengenang pengalaman Saya di ruang angkasa saat meluncurkan teleskop untuk pertama kalinya. Hubble jelas merupakan puncak karir saya. Model LEGO ini akan sangat menarik untuk mereka para kreator LEGO blok dan penggemar ruang angkasa karena mereka bisa membayangkan perjalanan ruang angkasa dan mempelajari lebih lanjut tentang misi terkenal dengan cara yang menyenangkan,” terang Sullivan. 

Buat Urbanreaders yang pengin punya koleksi ini, kalian bisa mendapatkannya di LEGO Stores di Indonesia bulan ini dengan harga Rp 2.999.000. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait