beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Perjalanan Andien 22 Tahun Berkarya untuk Musik Indonesia

Fauzah Thabibah,
18 Februari 2022 12.15.21 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Perjalanan Andien 22 Tahun Berkarya untuk Musik Indonesia
Image: Konferensi pers Andien (17/2/2022) (Istimewa)

Jakarta - Andien akan menggelar konser ‘Melodi Monolog: Dan Lalu’ sebagai bentuk perayaan selama 22 tahun berkarya dengan membawakan lagu-lagunya dari tahun 2000 hingga 2021.

“Kalo dijalanin day by day, ternyata waktu yang dikumpulkan sudah 22 tahun. Aku sendiri juga kadang bangun tidur terus nggak percaya ‘Udah lama juga yah’, gitu,” ucap Andien saat konferensi pers ‘Melodi Monolog: Dan Lalu’ pada Kamis (17/2/2022). 

“22 tahun adalah waktu yang tidak singkat untuk seorang musisi berkarya. 22 tahun adalah bentuk konsistensi yang nyata pada seni dan bentuk kesetiaan pada panggilan hati,” kata Sandiaga Uno dalam cuplikan video yang diputar saat konferensi pers ‘Melodi Monolog: Dan Lalu’.

Andien mengawali kariernya di bidang musik dengan title penyanyi jazz pada tahun 2000. Ia telah banyak berkolaborasi dengan musisi besar Indonesia, seperti Elfa Secioria, Indra Lesmana, Tohpati, Andi Rianto, dan Candra Darusman.

Selama berkarya untuk musik Indonesia, penyanyi sekaligus produser itu telah mengeluarkan 7 album dan kurang lebih 60 lagu.

Ia mengaku sumber inspirasinya selama berkarya adalah soal rasa. Rasa itu berkaitan dengan rasa yang ia alami sendiri, melihat pengalaman orang-orang di sekitarnya, atau dengan berimajinasi.

Andien telah meraih penghargaan Anugerah Musik Indonesia di antaranya sebagai Penyanyi Wanita Terbaik, Penyanyi Jazz Terbaik, Album Jazz Terbaik, Penyanyi Pendatang Baru Terbaik, dan Penyanyi R&B Terbaik.

Selain perannya sebagai penyanyi, Andien juga dikenal sebagai sosok yang begitu erat dengan isu sosial, budaya, keluarga, kesehatan, hingga lingkungan. Ia berusaha mengawinkan setiap karya dengan sebuah cause tertentu, agar banyak orang merasa terbantu.

Perjalanan bermusik Andien bermusik telah mencapai 2 dekade dengan melewati banyak fase multigenerasi serta multiplatform. Ia mengatakan ada tantangan tersendiri dalam membangun kariernya dalam beradaptasi di era sekarang.

“Ada challenge tersendiri gitu. Karena kan harus terus beradaptasi, harus mau membuka mata, hati, dan telinga gitu ya, untuk selalu fit in ke dalam society,” ungkap Andien.

“Kita harus tahu kenapa kita ada di dunia musik ini atau di profesi apapun gitu ya, kaya ‘Oh ini niatnya’, sehingga ketika ada berbagai macam perubahan yang terjadi atau ada hal-hal yang datang tidak terduga kita bisa melihat ke first day kita berkarya, kenapa sih kita melakukan ini’,” imbuhnya.

Diketahui konser ‘Melodi Monolog: Dan Lalu’ akan tayang pada 22 Februari 2022 melalui platform streaming Vidio.com.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait