Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

Perlu Diketahui, Ini Kelebihan dan Kekurangan Ban Dual Purpose

Alwin Jalliyani,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Perlu Diketahui, Ini Kelebihan dan Kekurangan Ban Dual Purpose
Image: Ilustrasi Ban Dual Purpose. (Pixabay/collintipstar)

Jakarta - Sebagian pecinta motor memilih memasang ban dual purpose supaya lebih nyaman digunakan di jalanan on road dan off road. Secara fisik, ban ini memiliki bentuk yang lebih tinggi dan memiliki banyak bentuk kotak beraturan.

Namun, sebelum memutuskan beralih ke ban dual purpose, Urbanreaders perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan ban dual purpose yang dilansir dari Suzuki Indonesia.

1. Lebih Nyaman Digunakan Berbagai Medan

1628933040-Tama66.jpgSumber: Ilustrasi Ban Dual Purpose. (Pixabay/Tama66)

Bagi kamu yang sering melintasi area berbatu dan jalanan aspal, ban dual purpose ini menjadi solusi yang paling tepat. Kamu akan merasa lebih nyaman dibandingkan menggunakan ban biasa. Meski jalanan kurang bersahabat, kendaraan tidak akan bermasalah karena didukung motif ban kembangan lebar sehingga lebih sigap.

2. Ban Tidak Cepat Aus

Material ban menggunakan bahan berkualitas yang berbeda dengan ban on road. Karena materialnya yang spesial inilah usia pakai ban dual purpose lebih panjang dan tidak cepat aus sering digunakan. Kamu tidak perlu takut melewati segala jenis medan dan tidak perlu khawatir ban cepat gundul.

3. Lebih Mudah Bermanuver di Tikungan

1628932995-collin-tipstar.jpgSumber: Ilustrasi Ban Dual Purpose. (Pixabay/collintipstar)

Kekuatan yang dihasilkan ban dual purpose lebih baik dibandingkan dengan ban on road. Oleh karena itu, kamu akan merasa lebih nyaman ketika melakukan manuver di tikungan. Jika kamu harus melaju kencang di jalanan halus atau tidak rata sekalipun, ban motor dual purpose akan membuat motor stabil saat dikendarai.

4. Cengkraman yang Kurang

Namun, kekurangan yang dimiliki ban dual purpose yaitu cengkramannya tidak sekuat ban on road. Kamu disarankan tidak terlalu miring saat melewati tikungan. Kemampuan cengkraman yang rendah akan membahayakan keselamatan dan riskan terjadi kecelakaan. Selain di tikungan, kamu juga perlu berhati-hati saat melewati tanjakan atau turunan di jalanan beraspal yang halus.

5. Tidak Cocok untuk Motor Sport

1628933030-venv.jpgSumber: Ilustrasi Ban Dual Purpose. (Pixabay/venv)

Kekurangan selanjutnya yaitu tidak cocok digunakan untuk motor sport. Hal ini dikarenakan ketinggian dan fungsi ban dual purpose tidak akan optimal bila dipasang. Ditambah desain dual purpose yang lebih menonjol sehingga tidak pas dengan semua jenis motor sport.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait