Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Penyebab Motor Mati Tiba-Tiba

Alwin Jalliyani,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Penyebab Motor Mati Tiba-Tiba
Image: Ilustrasi motor yang sedang dikendarai. (Pixabay/ErikTanghae)

Jakarta - Motor yang mati mendadak saat dikendarai memang menjengkelkan. Apalagi, ketika sedang diburu-buru. Kepanikan adalah hal yang paling umum terjadi dalam kondisi tersebut.

Oleh karena itu, Urbanreaders perlu mengetahui penyebab motor mati mendadak yang dilansir dari Suzuki Indonesia berikut ini.

1. Bensin Motor Benar-Benar Habis

1623816809-motor-bekas.jpegSumber: ilustrasi mengendarai sepeda motor (Suzuki Indonesia)

Habisnya bahan bakar biasanya ditandai mesin yang tersendat-sendat ketika dinyalakan. Bila terjadi, kamu harus segera mengisi bahan bakar ke pom bensin terdekat. Jika bensin masih ada dan mesin motor mati, berarti terjadi masalah pada komponen lain.

2. Ventilasi Bensin Tersumbat

1600751396-motor-matic-2.jpegSumber: Ilustrasi motor mogok (Dok. Urbanasia)

Tersumbatnya ventilasi bensin bisa menjadi penyebab motor mati mendadak. Ventilator bensin berperan menyalurkan udara dan mendorong bensin ke karburator. Apabila tersumbat, sirkulasi udara tidak dapat berjalan baik, sehingga mesin motor akan tersendat-sendat dan bahkan mati secara tiba-tiba.

3. Mesin Motor Terlalu Panas

1600751341-motor-matic-1.jpegSumber: Ilustrasi motor mogok (Dok. Urbanasia)

Kondisi mesin yang terlalu panas atau overheat sangat berbahaya bagi pengendara. Apabila suatu kendaraan mengalami overheat, kendaraan akan mengalami penurunan kinerja. Hal ini mungkin bisa menyebabkan motor mati mendadak. Bila terjadi, jangan paksakan kendaraan terus berjalan untuk menghindari sesuatu yang lebih fatal.

4. Busi Kotor dan Sudah Terlalu Lama

pixabaybusi.jpgSumber: Ilustrasi busi. (Pixabay)

Penyebab yang mungkin selanjutnya adalah busi motor kotor dan sudah tua. Busi motor berfungsi menciptakan percikan api pada proses pembakaran sehingga menghasilkan energi. Apabila busi bermasalah, akan berdampak terhadap performa kendaraan, salah satunya mesin bisa tiba-tiba mati.

5. Cop Busi Kurang Rapat

1600751834-busi-motor.pngSumber: Ilustrasi busi motor (Yamaha)

Cop busi yang kurang rapat akan menyebabkan busi terkena rembesan air. Bila sampai basah, dapat menghambat kerja busi dan berpotensi membuat motor mati. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu membeli cop busi yang dilengkapi karet pelindung.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait