Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

Perlu Kamu Tahu, Ini 5 Fungsi Spakbor pada Motor

Alwin Jalliyani,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Perlu Kamu Tahu, Ini 5 Fungsi Spakbor pada Motor
Image: Ilustrasi spakbor pada motor. (Pixabay/dmncwndrlch)

Jakarta – Spakbor merupakan komponen yang biasanya terletak di bagian depan dan belakang motor, tepatnya di atas kedua ban.

Fungsi utamanya yaitu melindungi pengendara dan penumpang dari cipratan air yang mungkin terbawa ban motor. Berikut fungsi-fungsi spakbor yang perlu kamu ketahui versi Suzuki Indonesia.

1. Melindungi dari Cipratan Air

Fungsi spakbor yang paling utama yaitu melindungi dari cipratan air. Apalagi, sehabis hujan biasanya terdapat genangan di tengah jalan, ketika motor melintasi genangan, spakbor akan menghalangi cipratan supaya tidak naik ke atas. Bentuk dari spakbor juga bervariasi, yakni ada yang seperti kuping gajah, belalai maupun berbentuk kecil.

2. Menambah Elegan Tampilan Motor

Desain spakbor yang apik, elegan dan sporty mampu menambah nilai estetika pada motor. Tapi, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk memasang spakbor sesuai keinginan. Lebih baik biarkan spakbor terpasang seperti bawaan pabrik supaya dapat berfungsi dengan baik.

3. Menambah Keamanan dan Kenyaman 

Spakbor dapat menambah keamanan dan kenyaman pengendara. Pihak produsen telah memikirkan rasionalisasi desain spakbor yang mengikuti badan motor. Selain itu, penggunaan spakbor juga sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 Pasal 40 yang menyatakan bahwa spakbor merupakan komponen yang wajib terpasang di setiap kendaraan baik motor maupun mobil.

4. Menghindari dari Tilangan Polisi

Fungsi selanjutnya yaitu untuk menghindari tilangan polisi. Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam peraturan pemerintah di atas, maka hal itu harus dipatuhi. Apabila melanggar dengan tidak menggunakan spakbor, kamu harus membayar denda sebesar Rp250.000 atau yang paling parah adalah dipenjara paling lama 1 bulan.

5. Mencegah Kotoran Merusak Komponen Lainnya

Terakhir, spakbor dapat melindungi komponen lain di dalam motor seperti mesin agar tidak terkena kotoran atau debu. Jika di dalam mesin terdapat tumpukan debu, maka hal tersebut akan mengganggu kinerja motor. Selain mesin, bagian injeksi yang berfungsi sebagai penghasil pembakaran agar motor menyala juga terlindungi spakbor.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait