beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Perlu Nggak Sih Simpan Skincare di Kulkas?

Kintan Lestari,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Perlu Nggak Sih Simpan Skincare di Kulkas?
Image: Kulkas kecantikan dari brand milik Kylie Jenner. (Dok. Kylie Cosmetics)

Jakarta - Bicara skincare pasti ada banyak produk yang terpikirkan bukan? Ada serum, pelembap, eye cream, toner, sheet mask, dan masih banyak lagi. 

Semua produk itu sebenarnya bisa disimpan di suhu ruangan, namun ada beberapa produk yang disarankan ditaruh kulkas. Tujuannya untuk memberi efek dingin, serta memperpanjang masa penyimpanan untuk skincare dengan kandungan tertentu.

Adapun produk skincare yang sering disarankan disimpan di kulkas adalah sheet mask, gua sha atau face roller, sampai eye cream. Tapi sebenarnya perlu nggak sih kita simpan skincare dalam kulkas? Soalnya beberapa brand sampai menghadirkan kulkas mini untuk menyimpan skincare. 

Dermatologis yang berbasis di NYC, Dr. Dennis Gross mengungkap kulkas skincare tidaklah diperlukan dan hanya strategi marketing saja.

“Kulkas kecantikan tidak diperlukan—gimmick pemasaran—karena setiap kali produk dirilis ke pasar harus melalui uji stabilitas, yang menunjukkan bahwa suatu produk stabil, tidak akan terurai pada suhu ruangan, dan tidak akan kehilangan khasiatnya bahkan setelah dibuka,” kata Gross kepada Elle. 

Gross menyatakan pengujian itu berarti produk skincare harus mampu menahan panas ekstrem termasuk pada suhu oven, yang notabene jauh melebihi suhu apartemen di hari yang panas dan cerah. 

"Kecuali jika produsen menyimpan produk di lemari es atau jika dijual di pengecer di lemari es, tidak ada alasan untuk membelinya," sambungnya lagi.

Namun memang ada krim obat yang diresepkan dalam dermatologi yang memerlukan pendinginan, misalnya skincare organik. Dalam kasus tersebut, Gross mengatakan perlu untuk menyimpan produk tersebut dengan tepat, tetapi sebagian besar produk kecantikan tidak mudah rusak seperti makanan, jadi tidak perlu disimpan pada suhu tertentu.

Gross juga mengatakan tidak masalah untuk mendinginkan skincare, namun ia memperingatkan bahwa meletakkan produk pada suhu yang berfluktuasi (keluar masuk kulkas) sebenarnya malah dapat menyebabkan ketidakstabilan dan merusak integritas produk. 

Namun, kalau tetap ingin menyimpan skincare di kulkas, ia menyarankan untuk mengatur suhu dalam kisaran yang aman antara 55 dan 62 derajat Fahrenheit atau sekitar 12 dan 16 derajat celcius.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait