beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Permen Sakuma Drops di Anime ‘Grave of the Fireflies’ Setop Produksi

Griska Laras,
24 November 2022 12.13.28 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Permen Sakuma Drops di Anime ‘Grave of the Fireflies’ Setop Produksi
Image: Permen legendaris Jepang Sakuma Drops/ebay.

Jakarta – Permen legendaris Jepang, Sakuma Drop, yang muncul dalam animasi ‘Grave of the Fireflies’ bakal berhenti produksi setelah 114 tahun. 

Perusahaan pembuat permen, Sakumaseika Co, mengumumkan akan gulung tikar per Januari 2023 akibat inflasi. Menurut laporan Reuters, perusahaan yang berbasis di Tokyo itu mengaku terpaksa menghentikan produksi karena kekurangan tenaga kerja dan penurunan penjualan. 

Harga bahan baku terus naik, tapi perusahaan tidak bisa menaikkan harga karena mereka takut kehilangan pembeli. Kondisi ini terjadi selama bertahun-tahun dan menyebabkan perusahaan pailit. 

Berdasarkan perusahaan survei kredit Tokyo Shoko Research, Sakuma Seika menderita kerugian bersih lebih dari 150 juta Yen atau sekitar Rp 16 M pada tahun keuangan 2021.

Inflasi grosir hampir dua digit serta nilai tukar Yen yang lemah telah menekan keuntungan di banyak produsen makanan. Namun banyak perusahaan yang dilema untuk menaikkan harga jual. 

Pada Januari tahun ini, pembuat camilan jagung populer Umaibo menaikkan harga untuk pertama kalinya sejak debut camilan pada 1979 dan langsung menjadi berita utama nasional. 

Sakuma Drops merupakan produk permen buah delapan rasa yang dikemas dalam kaleng baja merah. Permen tersebut telah menemani masyarakat Jepang selama beberapa generasi. Karena itu, penghentian produksi membuat beberapa orang sedih. 

“Kami selalu punya kaleng di rumah saat saya masih SD. Saya ingat, kami perlu koin 10 Yen untuk membuka tutupnya,” kata Naoe Watanabe, pemilik toko permen. 

“Rasanya seperti penanda zaman. Sekarang ada begitu banyak pilihan dibandingkan saat saya masih kecil,” lanjut Watanabe. 

Saking terkenalnya, Sakuma Drops menginspirasi Ghibli Studio dalam membuat ‘Grave of the Fireflies’ pada 1988. Berlatar Perang Dunia II, film tersebut mengisahkan tentang gadis yatim piatu dan kakak lelakinya yang kehilangan tempat tinggal akibat serangan bom. Mereka mencoba bertahan hidup dari satu tempat ke tempat lain sambil membawa kaleng Sakuma Drop.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait