Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Pesawat F-16 TNI AU Ucapkan Selamat HUT RI dari Ketinggian 1000 Kaki

Alwin Jalliyani,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pesawat F-16 TNI AU Ucapkan Selamat HUT RI dari Ketinggian 1000 Kaki
Image: Komandan Skadron Udara 3 Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto. (Dok. BPMI Setpres)

Jakarta - TNI Angkatan Udara (AU) menerbangkan delapan pesawat tempur F-16 yang melakukan fly pass dengan formasi arrow head dan melakukan bomb burst saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). 

Pasukan yang diberi nama ‘Garuda Flight’ dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 3 Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto. Dalam perjalanan menuju Istana Merdeka, pemimpin Garuda Flight menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-76 untuk Indonesia.

“Kami elang-elang angkatan udara penjaga tanah air. Dari ketinggian seribu kaki mengucapkan selamat ulang tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021. Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh. Salam Swa Bhuwana Paksa, Merdeka,” ujar Letkol Pnb Agus yang disampaikan dari kokpit pesawat tempur, Selasa (17/8/2021).

Bukan hanya itu, TNI Angkatan Udara (AU) juga menerbangkan enam unit helikopter yang membawa bendera Merah-Putih berukuran 20x30 meter untuk melintasi halaman Istana Merdeka saat upacara berlangsung. 

“Datang dari sebelah kiri podium, Nusantara Flight yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Ahmad Mauludin Mulyono,” ujar pemandu upacara HUT RI ke-76 di Istana Merdeka.

1629183610-helikopter-17-agustus.pngHelikopter yang membawah sepasang bendera Merah-Putih melintasi di halaman Istana Merdeka. (Dok. BPMI Setpres)

Terlihat dalam siaran langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memberika tepuk tangan saat helikopter melintas.

"Keseluruhan rangkaian formasi helikopter ini merupakan bukti nyata sinergisitas Tentara Nasional Indonesia. Dirgahayu 76 Kemerdekaan RI tahun 2021, Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh," sambung pembawa acara.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait