Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Polda Metro Jaya Akan Terapkan 'Crowd Free Night' Selama PPKM Level 3

Alwin Jalliyani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Polda Metro Jaya Akan Terapkan 'Crowd Free Night' Selama PPKM Level 3
Image: Dirlantas Polda Metro Jaya, Sambodo Purnomo Yogo. (PMJ News)

Jakarta - Polda Metro Jaya akan menerapkan kebijakan ‘Crowd Free Night’ atau malam tanpa kerumunan di empat kawasan di DKI Jakarta, meliputi Kemang, Sudirman, Thamrin, dan SCBD. Kebijakan itu diambil untuk memaksimalkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

“Ditenggarai selama PPKM Level 3 ini banyak sekali pelanggaran protokol kesehatan terutama di tempat-tempat keramaian,” terang Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengutip ANTARA, Rabu (8/9/2021).

Sambodo menambahkan bahwa kebijakan tersebut akan diterapkan tiap malam Jumat dan malam akhir pekan.

“Akan kita terapkan tiap malam weekend. Malam Jumat, malam Sabtu dan malam Minggu,” sambungnya.

Kebijakan 'Crowd Free Night” akan diterapkan setiap Jumat-Minggu malam di Jakarta dalam dua tahap, yaitu pukul 22.00 WIB-24.00 WIB dan pukul 24.00 WIB-04.00 WIB.

Pada pukul 22.00 WIB-24.00 WIB kendaraan masih diperbolehkan melintas, sedangkan pukul 24.00 WIB-04.00 WIB kawasan akan ditutup total.

“Setelah jam 12.00 malam kita akan coba laksanakan penutupan secara total kecuali penghuni dan darurat,” kata Sambodo.

Lebih lanjut, Sambodo menjelaskan sanksi yang akan diterapkan jika melanggar kebijakan 'Crowd Free Night'.

“Kalau yang berkerumun di tempat umum kita akan bubarkan. Kalau sanksi di kafe restoran tentunya nanti akan kita koordinasikan dengan Satpol PP yang nantinya akan melakukan penindakan,” ujarnya.

Sejalan dengan Polda Metro Jaya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung kebijakan ‘Crowd Free Night’ untuk mengurangi mobilitas masyarakat.

“Pelonggaran tentu mobilitasnya makin tinggi karena dibukanya kafe, restoran. Jadi di malam tertentu kita adakan penutupan jalan tersebut,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait