Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Ponsel Android Versi Lawas Tak Lagi Bisa Akses Gmail hingga YouTube

Afid Ahman,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ponsel Android Versi Lawas Tak Lagi Bisa Akses Gmail hingga YouTube
Image: Ilustrasi google. (Freepik/rafapress)

Jakarta - Mulai hari ini, Selasa (28/9/2021) Google akan memblokir ponsel Android dari layanan mereka, mulai dari Gmail hingga YouTube. Gegaranya ponsel-ponsel tersebut menggunakan sistem operasi Android jadul.

Mengacu pada laman support.google.com, raksasa pencarian internet ini memblokir login akun dari ponsel yang menjalankan Android 2.3.7 atau Gingerbread dan yang lebih lawas lagi.

Itulah sebabnya pengguna tidak akan bisa sign-in di sejumlah aplikasi milik Google, seperti Gmail, YouTube, Google Drive, Google Maps, hingga Google Play Store.

Google akan menampilkan pesan error begitu pengguna mencoba login dari ponsel yang masih menjalankan Gingerbread atau lebih lama.

Untuk itu, pengguna perlu melakukan update sistem operasi HP ke OS 3.0 (Android Honeycomb), OS 4.0 (Android Jellybean) atau yang lebih baru. Jika ponsel tidak mendapatkan update tersebut maka harus membeli perangkat baru.

Beberapa ponsel populer yang sudah tidak lagi didukung aplikasi populer Google, yaitu Sony Xperia Advance, Lenovo K800, Sony Xperia Go, Vodafone Smart II, Samsung Galaxy S2, Sony Xperia P, LG Spectrum, Sony Xperia S, LG Prada 3.0, HTC Velocity, HTC Evo 4G, Motorola Fire, dan Motorola XT532

Sebelumnya, pengguna HP Android Gingerbread juga sudah tak bisa menggunakan aplikasi Whatsapp sejak 1 Februari 2020.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait