beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Presidensi G20 Indonesia Sukses Besar, Berhasil Capai Leaders’ Declaration

William Ciputra,
16 November 2022 14.39.49 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Presidensi G20 Indonesia Sukses Besar, Berhasil Capai Leaders’ Declaration
Image: Presiden Jokowi saat menutup KTT G20. (Repro)

Jakarta - Presidensi Indonesia untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 sukses besar. Pasalnya, KTT G20 yang digelar di Bali ini mampu menghasilkan Leaders' Declaration atau Deklarasi Pimpinan atau yang biasa disebut Komunike. 

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders' Declaration. Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022,” kata Presiden Jokowi saat penutupan KTT G20 yang diikuti secara daring, Rabu (16/11/2022). 

Pengumuman Jokowi terkait Leaders' Declaration ini langsung disambut tepuk tangan riuh dari para peserta di lokasi pertemuan. 

Diketahui, Leaders' Declaration menjadi salah satu bukti kesuksesan pelaksanaan KTT G20. Terlebih, Presidensi Indonesia digelar di tengah ketegangan konflik antara Rusia dan Ukraina. 

Tidak hadirnya Presiden Rusia Vladimir Putin dalam KTT G20 di Bali juga membuat sejumlah pihak pesimis forum ini dapat menghasilkan Komunike. 

Menurut Jokowi, terwujudnya Komunike dalam Presidensi G20 Indonesia ini merupakan bukti fleksibilitas para pemimpin G20. Tak lupa ia memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih. 

“Saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua yang hadir yang telah memberikan fleksibilitasnya sehingga Deklarasi dapat disahkan,” katanya. 

Penghargaan juga diberikan Jokowi kepada seluruh working groups dan engagement groups yang telah memberikan kontribusi untuk kesuksesan Presidensi G20. 

Tak hanya Leaders' Declaration, Jokowi juga menyebutkan bahwa KTT G20 kali ini menghasilkan Concrete Derivable yang berisi daftar proyek kerja sama negara anggota G20 dan undangan. 

Menurut Jokowi, daftar proyek ini akan membantu membumikan proyek G20 jadi lebih dekat dengan rakyat, serta memastikan G20 bermanfaat bagi dunia. 

“Let’s us recover together, recover stronger,” tutup Jokowi. 

Sebagai informasi, Dokumen Leaders’ Declaration KTT G20 Bali berisi 1.186 halaman yang memuat 52 poin utama. Salah satu poinnya adalah mengutuk keras perang di Ukraina. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait