beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Profil Ratu Elizabeth II, Pemegang Takhta Terlama Kerajaan Inggris

Fitri Nursaniyah,
25 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Profil Ratu Elizabeth II, Pemegang Takhta Terlama Kerajaan Inggris
Image: Ratu Elizabeth II. (Royal.uk)

Jakarta - Penguasa takhta terlama Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II telah mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat, di Istana Balmoral, Skotlandia.

Kepergian Ratu Elizabeth II ini diumumkan langsung oleh The Royal Family di akun Twitter mereka. Disebutkan bahwa jenazah Sang Ratu akan tiba di London hari ini.

Sebelum mengembuskan napas terakhirnya pada usia 96 tahun, Ratu Elizabeth II sempat berada di bawah pengawasan dokter mengingat kondisi kesehatannya yang terus mengkhawatirkan.

Setelah kematiannya, kekuasaan Ratu Elizabeth II yang sudah berlangsung selama 72 tahun kini sudah digantikan oleh Pangeran Charles.

Menjadi Ratu terlama yang memegang takhta tertinggi di Inggris, siapa sosok Ratu Elizabeth II? Berikut profilnya sebagaimana dirangkum Urbanasia, Jumat (9/9/2022).

Profil Ratu Elizabeth II

Putri Elizabeth Alexandra Mary atau Ratu Elizabeth II lahir di London pada 21 April 1926. Dia adalah putri dari Pangeran Albert (Duke of York, Raja George VI) dan Elizabeth Bowes-Lyon.

Ratu Elizabeth II menjadi pewaris mahkota Inggris usai Raja Edward VIII, putra sulung George V alias kakek Elizabeth, turun takhta demi menikahi janda Amerika, Wallis Simpson.

Memasuki tahun 1947, Elizabeth kemudian menikah dengan Philip Mountbatten, sepupu jauhnya, di Westminster Abbey London. Dari pernikahan itu, ia dikaruniai 4 buah hati yaitu Charles (1948), Anne (1950), Andrew (1960), dan Edward (1964).

Setelah ayahnya, George VI, meninggal, Elizabeth mulai mengambil alih kuasa Raja pada 6 Februari 1952, lalu ia dimahkotai pada 2 Juni 1953 ketika usianya menginjak 25 tahun.

Ratu Elizabeth II menjadi Ratu terlama yang memegang kuasa Kerajaan Inggris, melampaui kekuasaan Ratu Victoria yakni nenek buyutnya selama 63 tahun.

Selama itu pula, banyak peristiwa sejarah yang terjadi seperti kasus pembunuhan Pangeran Philip, kematian Diana, hingga peperangan di Afghanistan dan Falklands.

Kepemimpinan Ratu Elizabeth menandai modernisasi monarki di Kerajaan Inggris. Ia didampingi 14 Perdana Menteri (PM) selama kepemimpinannya.  

Selamat jalan Ratu Elizabeth II.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait