beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Profil Singkat hingga Perjalanan Karier Rima Melati

Shelly Lisdya,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Profil Singkat hingga Perjalanan Karier Rima Melati
Image: Aktris Rima Melati (Instagram/stevenpie7erszmaatit4)

Jakarta - Aktris senior Rima Melati meninggal dunia pada hari ini, Kamis (23/6/2022). Rima Melati meninggal dalam usia 84 tahun setelah beberapa hari dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

Selama terjun di industri hiburan, Rima Melati dikenal sebagai artis yang cemerlang dan banyak mengdapatkan penghargaan bergengsi berkat aktingnya. 

Berikut profil hingga perjalanan karier Rima Melati yang dirangkum Urbanasia dari berbagai sumber, Kamis.

Marjolien Tambajong atau Rima Melati merupakan aktris, model dan penyanyi berkebangsaan Indonesia keturunan Belanda dan Minahasa. 

Rima dinominasikan untuk beberapa penghargaan, termasuk enam Piala Citra Festival Film Indonesia dan memenangkan satu diantaranya, sebagai aktris terbaik untuk perannya di film Intan Berduri. 

Sejak 1950-an Rima sudah membintangi sejumlah film, seperti Djuara Sepatu Roda, Kasih Tak Sampai dan Big Village. 

Tak hanya sebagai aktris, di era yang sama, Rima Melati pun menjadi personel grup penyanyi terkemuka pada 1960-an yaitu, Baby Dolls. Kala itu, Rima bersama Baby Huwae, Gaby Mambo, dan Indriati Iskak. 

Di era 70-an hingga 2000-an, Rima Melati mulai membintangi sejumlah sinetron, seperti Intan Berduri (1972), Perawan Malam (1974), Max Havelaar (Saijah dan Adinda) (1975), Di Balik Kelambu (1982), Kupu-kupu Putih (1983), Arini (Masih Ada Kereta yang Akan Lewat) (1987), Sesal (1994), Banyu Biru (2004), dan masih banyak lagi.

Perihal penghargaan, Rima Melati pernah meraih Piala Citra pada Festival Film Indonesia tahun 1973 kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat film Intan Berduri bersama Benyamin Sueb.

Selain itu, pada ajang Festival Film Asia Pasifik ke-50, Rima meraih penghargaan Best Supporting Actress dalam film Ungu Violet. Terakhir, Rima Melati meraih penghargaan Lifetime Achievement Awards pada Festival Film Bandung 2014.

Rima Melati menikah dengan Frans Tumbuan pada 3 Desember 1973 sampai dianugerahi tujuh orang anak.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait