Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Profil Vicky Zhao, Artis yang 'Dihilangkan' Pemerintah Cina dari Internet

Deandra Salsabila,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Profil Vicky Zhao, Artis yang 'Dihilangkan' Pemerintah Cina dari Internet
Image: Potret Vicky Zhao (Instagram @zhaoweiofficial)

Jakarta - National Radio and Television Administration (NRTA), regulator hiburan yang dikelola pemerintah Tiongkok, menghapus seluruh jejak artis Vicky Zhao dari internet. Dari situ, berbagai platform streaming video di Cina pun menghapus seluruh arsip mereka terkait artis Vicky Zhao

Mengutip Fortune, Kamis (2/9/2021), sejauh ini belum diketahui apa latar belakang penghapusan seluruh jejak Vicky Zhao dari internet. Namun, pihak berwenang terus melancarkan tindakan keras terhadap berbagai hal terkait dengan Vicky Zhao, mulai dari raksasa teknologi hingga fan club artis tersebut.

Pengguna internet Tiongkok pun berspekulasi mengenai alasan pemerintah meminta jejak Vicky Zhao dihapus. Menurut mereka, sejarah transaksi bisnis kontroversial Vicky Zhao dan hubungan dekatnya dengan Alibaba jadi alasan.

Melansir Hollywood Reporter, Kamis (2/9/2021) sempat muncul kabar bahwa Zhao sudah terbang dengan pesawat pribadinya keluar Cina dan terdeteksi mendarat di Bandara Bordeaux, Prancis.

Penghapusan seluruh konten film dan serial TV Vicky Zhao sudah dilakukan oleh platform streaming Tencent Video hingga iQiYi. Keduanya adalah platform streaming terbesar di Cina.

Profil Vicky Zhao

1630549269-vicky-zhao.pngSumber: Potret Vicky Zhao (Instagram @zhaoweiofficial)

Vicki Zhao atau kerap dikenal dengan Zhao Wei adalah seorang penyanyi, model dan aktris asal Cina. Ia lahir di Wuhu, Anhui, Cina, pada 12 Maret 1976. Zhao mengawali debut di dunia akting dalam film ‘La Peintre’ meski dirinya hanya mendapatkan peran yang ringan.

Peran utama baru ia dapatkan melalui serial TV, ‘Princess Pearl’ (1999) dan pada tahun yang sama dirinya mengawali karier sebagai penyanyi melalui album ‘Swallow’.

Sepanjang kariernya, Vicky cenderung memilih peran yang berlainan dari film ke film. Beberapa yang menonjol adalah perannya sebagai Lu Yiping dalam ‘Romance In The Rain’ (2001), sebagai seorang polisi wanita bernama An Xin dalam ‘Jade Goddess Of Mercy’ (2004), dan sebagai Yao Mulan yang lembut dan cerdas dalam film ‘Moment In Peking’ (2005).

Kiprahnya dalam dunia perfilman membuat dirinya ditunjuk untuk menjadi wakil presiden Akademi Film Cina pada 6 Agustus 2009. Zhao sendiri mengaku tak pernah menduga bahwa film akan menjadi dunianya. Sebelum memulai berakting, Zhao sudah menyelesaikan pendidikan guru dan bermaksud menjadi guru seperti jejak ibunya.

Zhao bukan artis yang tak pernah kena masalah. Ia pernah dicemooh fansnya karena kedapatan mengenakan baju berbendera Jepang yang dianggap menghina negara tersebut.

Pada Juli 2009, Zhao pindah ke Singapura karena menikah dengan seorang pengusaha. Kemudian pada April 2010, kabar gembira datang karena Zhao melahirkan seorang putri di sebuah Rumah sakit pribadi yang mewah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait