Hot News

Jakarta - PSSI akhirnya mengumumkan tanggal pasti bergulirnya lagi Shopee Liga 1 dan Liga 2. Setelah melalui diskusi panjang, maka dipilihlah Oktober 2020.

Gara-gara pandemi virus corona, Liga 1 dan Liga 2 harus berhenti sejak Maret lalu. Liga 1 bahkan baru menggulirkan tiga pekan dan sempat ada opsi akan dibatalkan saja.

Pada akhirnya tercapai kesepakatan bahwa Liga 1 dan Liga 2 sekaligus Liga 3 yang merupakan kelompok sepakbola amatir akan tetap dijalankan, dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Keputusan untuk menggulirkan kompetisi bulan Oktober dicapai setelah melalui diskusi panjang dengan perwakilan klub, asosiasi pemain (APPI), dan asosiasi pelatih (APSSI). Keputusan itu langsung dituangkan dalam Surat Keputusan SKEP/53/VI/2020, yang mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

"Saya sebagai Ketua Umum PSSI telah mendengarkan masukan AFC, FIFA, dan pemerintah lewat rapat virtual," ujar Ketua PSSI Mochamad Iriawan dalam rilis kepada wartawan.

"Dengan berbagai pertimbangan, PSSI mengeluarkan SK terbaru tanggal 27 Juni, kompetisi Liga 1 hingga Liga 2 dan 3 akan kembali kita gulirkan mulai Oktober," sambungnya.

"Kita perlu melakukan kampanye lewat sepakbola bahwa Indonesia sudah mulai beradaptasi dan belajar dengan situasi 'New Normal' dengan menjalankan protokol kesehatan. Lewat kompetisi sepak bola adalah kampanye yang baik bagi dunia luar," tegasnya.

Rencananya kompetisi akan diadakan lintas tahun, sesuatu yang tak lazim di Indonesia, yakni diselesaikan dalam kalender berbeda. Jadwal pertandingan lintas tahun itu pun rencananya akan menggelar banyak laga setiap pekannya

Yang pasti jadwal kompetisi domestik akan bentrok dengan jadwal timnas Indonesia dan ditargetkan kelar sebelum Maret.


Loading ..