Hot News

Jakarta - PSSI tak mau mengikuti permintaan Shin Tae-yong untuk berlatih di Korea Selatan. Shin bahkan diultimatum untuk balik ke Jakarta maksimal 29 Juni.

Shin sudah berada di Seoul, Korsel sejak April lalu setelah pandemi virus corona merebak. Sementara itu, Shin takut untuk kembali ke Indonesia karena penyebaran virus di negara ini belum mencapai puncaknya.

Apalagi Shin melihat pemerintah Indonesia tidak serius untuk menangani pandemi ini sehingga dia khawatir tertular. Oleh karenanya, Shin meminta PSSI untuk mengirim timnas U-19 berlatih di negara asalnya.

Sayangnya, permintaan itu ditolak mentah-mentah oleh PSSI melalui Ketua Satga Timnas Syarif Bastaman. Syarif malah mengultimatum Shin untuk segera kembali ke Jakarta paling lambat akhir bulan ini untuk memulai lagi program latihan Timnas U-19.

Sebab, Timnas U-19 akan menghadapi Piala Asia U-19 di Uzbekistan 14-31 Oktober. Shin sejauh ini baru melakukan seleksi melalui latihan virtual bersama 44 pemain pertengahan Mei kemarin.

"Kami ingin Shin Tae-yong menghormati kontrak sebagaimana kami juga menghormati kontrak. Kedua, kami ingin sudah fokus untuk program pelatihan," ujar Syarif kepada wartawan.

"Makanya kami sudah undang beliau untuk datang ke sini. Itu resmi melalui undangan PSSI dan meminta Shin beserta stafnya untuk datang tanggal 29 Juni," sambungnya.

"Kedatangannya itu untuk diskusi mengenai program selanjutnya bagaimana. Secara teknis kami harus menyusun kerangka tim, setelah itu menyusun pelatihan dalam rangka seleksi pemain karena sekarang masih terlalu gemuk."

"Jadi kalau dia ngotot ke Korea, (pemain) yang mau dilatih siapa? Kan harus dirampingkan, dipilih yang terbaik. Maka itu harus ada sesi 1-2 minggu untuk melihat dan menyeleksi."

Belum lagi Shin juga masih punya tugas di Timnas Indonesia U-16 sebagai supervisor sekaligus persiapan timnas senior menghadapi sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020.

"Jangan lupa ini bukan hanya satu tim, ada senior, U-19, dan U-16. Coach Bima tanggung jawabnya ke Shin Tae-yong. Jadi dia harus ke sini. Kalau dia bilang mau latihan di sana, yang mau dilatih yang mana?" tutupnya.


Loading ..