beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Pukul 10 Pagi Jadi Waktu Terbaik untuk Berjemur, Ini Alasannya

Griska Laras,
lebih dari 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pukul 10 Pagi Jadi Waktu Terbaik untuk Berjemur, Ini Alasannya
Image: istimewa

Jakarta – Selain menjaga kebersihan diri dan mengonsumsi makanan sehat, berjemur menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari virus corona.

Sinar matahari pagi hari mengandung provitamin B3. Vitamin inilah yang membantu tubuh memproduksi vitamin D3 yang berfungsi membentuk kekebalan tubuh.

Tapi nggak semua sinar matahari pagi mengandung provitamin B3 loh. Jadi sebelum berjemur, kamu perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk berjemur dan berapa lama durasinya.

dr. Tan Shot Yen, seorang ahli gizi menjelaskan waktu terbaik untuk berjemur adalah pukul 10 pagi karena pada waktu tersebut, matahari mengeluarkan sinar ultraviolet B yang diperlukan tubuh untuk memproduksi vitamin D.

“Kita tahu ada dua jenis sinar matahari, UV A dan UV B.  Yang tubuh kita butuhkan adalah Ultraviolet B. Sinar UV B ini gelombangnya lebih pendek, jadi itu sebabnya kita harus tunggu mataharinya agak naik. Nah, karena negara kita terletak di khatulistiwa, jam 10 sudah ada. Itulah alasan kenapa kita harus berjemur jam 10,”

Sementara di pagi (7.00-9.00) dan siang hari (11.00-16.00), matahari menghasilkan banyak sinar ultraviolet A yang justru berbahaya bagi kesehatan. Sinar ultraviolet A bisa merusak sel-sel kulit, menimbulkan keriput dan flek hitam bahkan memicu kanker kulit.

dr Tan Shot Yen juga mengatakan berjemur sebaiknya dilakukan selama 15-20 menit saja.

“Bagi orang yang berkulit cerah sepuluh menit cukup, sementara untuk orang yang kadar melaninnya banyak sekitar 15 menit sampai 20 menit,” ungkapnya.

Selain waktu dan durasi berjemur, kamu juga perlu memperhatikan cara berjemur yang baik.

dr. Tan Shot menyarankan kegiatan berjemur sebaiknya dilakukan menggunakan pakaian terbuka, berbahan katun tipis, dan berwarna cerah untuk menghindari stroke heat.

Selain bisa meningkatkan imunitas tubuh, berjemur juga memiliki manfaat kesehatan lain seperti menyehatkan tulang, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan fungsi mata sampai mencegah depresi loh.

Menyehatkan Tulang

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Vitamin D bisa merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang akan memengaruhi kepadatan tulang seseorang.

Semakin banyak jumlah vitamin D dalam tubuh seseorang, maka kuat juga tulang yang kita miliki.

 

Meningkatkan Fungsi Otak

Berjemur di pagi hari juga bisa meningkatkan fungsi otak. Dalam sebuah penelitian yang dipimpin ilmuwan saraf dari Universitas Cambridge, David Llewellyn menemukan kalau fungsi kognitif seseorang semakin berkurang saat vitamin D dalam tubuh rendah.

Beberapa penelitian lain juga menemukan hubungan antara sinar matahari dan pertumbuhan sel saraf di hippocampus, bagian otak yang berfungsi mengatur memori.

Meningkatkan Fungsi Mata

Selain bermanfaat untuk kesehatan tulang, berjemur juga bisa meningkatkan kesehatan mata. Vitamin D3 yang didapat saat berjemur bisa memperlambat degenerasi makula, yang menyebabkan kebutaan pada lansia.

Vitamin D3 juga mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi mata secara keseluruhan. Tapi, bukan berarti kamu boleh menatap matahari langsung saat berjemur.

 

Mencegah Depresi

Sinar matahari pagi yang masuk ke dalam tubuh bisa memicu tubuh memproduksi hormon serotonin yang bisa membuat seseorang merasa bahagia.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait