beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Ramai soal Sutradara Tampar Kru, IFDC Mendadak Keluarkan Andi Bachtiar

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ramai soal Sutradara Tampar Kru, IFDC Mendadak Keluarkan Andi Bachtiar
Image: Instagram

Jakarta - Sutradara Joko Anwar langsung memberi tanggapan usai namanya dikait-kaitkan dengan kabar seorang sutradara ternama yang dirumorkan telah melakukan kekerasan pada kru perempuan.

Dalam cuitan di Twitter pribadinya, Joko Anwar memberikan pernyataan resmi yang dikeluarkan asosiasi sutradara Indonesia, Indonesian Film Directors' Club (IFDC).

"Pernyataan resmi asosiasi sutradara Indonesia, Indonesian Film Directors' Club (IFDC) atas kasus kekerasan di lokasi suting baru-baru ini," cuitnya dikutip Urbanasia, Kamis (1/9/22).

Dalam cuitan tersebut, sutradara film 'Pengabdi Setan' itu mengunggah foto berisi pernyataan resmi IFDC atas kasus sutradara yang diduga melakukan kekerasan kepada salah satu kru.

"IFDC menolak segala bentuk kekerasan kerja dalam proses berkarya dan dalam peran sutradara di ekosistem perfilman Indonesia. Kami bersimpati dan berpihak kepada korban serta mendukung proses yang dipilihnya," bunyi pernyataan itu.

Tak hanya itu, IFDC secara gamblang juga menyatakan bahwa pihaknya mengeluarkan Andibachtiar Yusuf dari keanggotaan.

"Setelah melakukan penilaian memyeluruh atas kasus yang beredar melalui Instagram @juandini, kami menyatakan telah mengeluarkan Andibachtiar Yusuf dari keanggotaan IFDC serta memberikan saran agar yang bersangkutan melakukan asesmen psikologis dan konseling diri di lembaga seperti Yayasan Pulih," lanjut pernyataan itu.

"Kami juga menyarankan agar semua pihak yang terkait teguh berpihak kepada korban, mendampingi keputusan korban, dan memenuhi tanggung jawab atas profesinya dalam proses kerjanya," pungkasnya.

Sebelumnya, heboh kabar seorang sutradara yang dilabeli 'Sutradara Terganteng' melakukan kekerasan terhadap kru perempuan. Sosok sutradara tersebut ramai dikait-kaitkan dengan Andi Bachtiar.

Urbanasia telah mencoba menghubungi Andi Bachtiar untuk dimintai keterangan terkait kasus ini, namun hingga artikel ini ditayangkan belum ada tanggapan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait