beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Ratusan Mahasiswa di Bandung Positif Mengidap HIV AIDS

Shelly Lisdya,
25 Agustus 2022 10.01.52 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ratusan Mahasiswa di Bandung Positif Mengidap HIV AIDS
Image: Ilustrasi - positif HIV AIDS. (Freepik)

Jakarta - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung mencatat kasus penularan HIV AIDS hingga Desember 2021, tercatat ada 12.358 yang didominasi oleh usia produktif.

Ketua Sekretariat KPA Kota Bandung Sis Silvia Dewi merinci per Desember 2021 tercatat ada 12.358 pengidap HIV AIDS yang melakukan pelayanan kesehatan di Kota Bandung. Rinciannya, 5.943 di antaranya merupakan warga Kota Bandung

"Itu data dari pelayanan kesehatan dan paling banyak itu usia 20-29 tahun, presentasenya 44,84 persen," kata Silvia kepada Urbanasia via sambungan telepon, Kamis (25/8/22).

Kasus HIV/AIDS di Kota Bandung ini pun menyasar semua kalangan dan profesi, tak terkecuali mahasiswa. Dari kasus penularan yang mencapai 5.943 kasus, mahasiswa yang positif mengidap HIV AIDS sebesar 6,97 persen atau mencapai 414 kasus.

Silvia pun mengatakan, ada beberapa faktor risiko yang membuat kasus HIV/AIDS meningkat setiap tahunnya. Pertama adalah heteroseksual menjadi faktor resiko tertinggi.

Faktor resiko kedua tertinggi, kata Silvia, adalah penggunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

Selain itu, penyintas HIV AIDS berhenti berobat di tengah jalan. Faktornya kata Silvia, bisa terjadi karena penyintas itu sudah bosan hingga tidak mau lagi meminum obat selama masa penyembuhan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait