Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Rayakan HUT Ke-76 RI, Ini 4 Rekomendasi Film Biopik Pahlawan Nasional

Kintan Lestari,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Rayakan HUT Ke-76 RI, Ini 4 Rekomendasi Film Biopik Pahlawan Nasional
Image: Adegan dalam film 'Soekarno'. (Dapur Film Indonesia)

Jakarta - Masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2021.

Setiap tanggal 17, tentunya jiwa nasionalisme bangsa kembali muncul tatkala mengingat bagaimana perjuangan pahlawan supaya Indonesia bisa merdeka.

Nah, perjuangan-perjuangan pahlawan nasional bisa ditengok lewat beberapa judul film. Apa saja? Berikut rekomendasi film tentang pahlawan nasional.

1. Soekarno (2013)

1629101582-film-soekarno.jpgSumber: Adegan dalam film 'Soekarno'. (Twitter @Film_Soekarno)

Bicara kemerdekaan tentu nggak akan lepas dari peran Presiden pertama RI, Soekarno. 

Bersama dengan Wakil Presiden pertama RI, Mohammad Hatta, Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Sutradara Hanung Bramantyo lewat film 'Soekarno' ingin menceritakan kisah hidup Presiden Soekarno sejak kecil hingga menjabat sebagai Presiden RI pertama.

Film ini dibintangi Ario Bayu sebagai Soekarno, Lukman Sardi sebagai Hatta, dan Tika Bravani sebagai Fatmawati, ibu negara pertama RI.

2. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2013)

1604974567-Guru-Bangsa-Tjokroaminoto.jpgSumber: Poster Guru Bangsa Tjokroaminoto (Instagram @tjokro_movie)

Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto (lebih dikenal H.O.S. Tjokroaminoto) memang tidak ikut merasakan secara langsung suasana kemerdekaan Indonesia. Namun berkat dirinya terbentuklah pemikiran nasionalisme Soekarno serta pahlawan nasional lainnya.

Sosoknya tak lepas dari perjuangan kemerdekaan Indonesia lantaran berperan sebagai mentor Soekarno. Maka dari itu, sutradara Garin Nugroho membuat film tentang pemimpin Sarekat Islam itu.

Guru Bangsa Tjokroaminoto' menceritakan perjalanan H.O.S. Tjokroaminoto dalam memperjuangkan hak dan martabat masyarakat bumiputera pada masa penjajahan.

Filmnya dibintangi oleh Reza Rahadian dan dirilis pada 11 November 2013, satu hari setelah peringatan Hari Pahlawan.

3. Jenderal Soedirman (2015)

1629101568-film-jenderal-soedirman.jpgSumber: Adegan dalam film 'Jenderal Soedirman'. (Facebook @filmjenderalsoedirman)

Kalau bicara soal perang mempertahankan kemerdekaan, sosok yang akan langsung teringat di pikiran adalah Jenderal Soedirman.

Ia berperan besar dalam pertempuran Ambarawa, yang dipicu kedatangan pasukan militer Inggris yang membawa pasukan NICA ke Indonesia untuk membebaskan tawanan perang.

Filmnya mengisahkan Jenderal Soedirman saat memimpin perang gerilya guna mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Film biopik ini dibintangi oleh Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong, dan Nugie.

4. Wage (2017)

1629101588-film-wage.jpgSumber: Poster film 'Wage'. (Twitter @filmwage)

Perayaan HUT RI pasti tak akan lengkap tanpa lantunan lagu Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Soepratman. 

Maka dari itu, sutradara John De Rantau lewat film 'Wage' berusaha menyuguhkan kisah pilu sang pencipta 'Indonesia Raya' selama masa hidupnya. 

Pasalnya ia tidak pernah mendengarkan lagu ciptaannya saat Indonesia meraih kemerdekaannya karena meninggal di usia 35 tahun pada tahun 1938. Aktor Rendra Bagus dipercaya memerankan karakter WR Soepratman.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait