menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtrending

RCTI Ramai Dihujat Netizen soal Live di Medsos Harus Berizin

Afid Ahman,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
RCTI Ramai Dihujat Netizen soal Live di Medsos Harus Berizin
Image: Ilustrasi RCTI. (Twitter @OfficialRCTI)

Jakarta - Nama RCTI mendadak jadi trending di Twitter pada Kamis siang (27/8/2020) lantaran banyak dihujat netizen.

Pasalnya, stasiun milik MNC grup ini melayangkan gugatan terkait uji materi Undang-Undang Penyiaran ke Mahkamah Konstitusi. Apabila gugatan tersebut dikabulkan maka netizen di Tanah Air tidak lagi bebas melakukan live di media sosial.

Kegiatan live di medsos nantinya dikategorikan sebagai penyiaran, maka perorangan, badan usaha, ataupun badan hukum akan dipaksa memiliki izin menjadi lembaga penyiaran.

Bagi mereka yang tidak dapat memenuhi persyaratan perizinan penyiaran itu akan dianggap pelaku penyiaran ilegal dan harus ditertibkan oleh aparat penegak hukum. Sebab penyiaran tanpa izin merupakan pelanggaran pidana. 

Inilah yang kemudian membuat para netizen geram. Tweet kekesalan dan rasa kecewa pada stasiun yang belum lama ini berulang tahun ke-31 tahun ini langsung membanjiri lini massa.

“JADI GINI @OfficialRCTI kalo live stream harus pake izin. Ya kelamaan nanti. Bagus anda mengembalikan program seperti yg dulu. Kaya Kartun Dari Jam 06:00 sampai jam 12:00,” tulis akun @Bryan48119134.

“Kerjaan orang takut kalah saing pengen konten digital jg dibatasi konten penyiarannya. Di dunia ga ada yang abadi om, dulu radio kalah sama TV, sekarang TV kalah sama YouTube (tanpa boom). Industri, market, dan teknologi pasti berubah,” kata akun @senjatanuklir.

“RCTI ibarat anak kecil yg tukang lapor ke org tua. klo memang fitur live stream mengancam perusahaan kalian, BERSAING dong! jgn cuma tau ngelapor kek anak kecil,” tutur akun artemislrc.

“Maap RCTI, kamu bikin sensasi pun traffic mu ga akan naik tapi cuma dapet cacian, soalnya konten konvensional mu tetep sampah dah ga akan berubah walau bikin trending,” ungkap @Partikel_Bebas.

“RCTI ini sebenernya maunya apa sih? Harusnya mikir dong kenapa masyarakat sekarang pada malas nonton TV, yaa karena kualitasnya buruk dan kuno. Bikin sinetron kok ampe beratus-ratus episode dengan alur cerita yg semakin ngawur. Kurangnya tayangan edukasi untuk anak, dll,” tutur akun @lahmanasaiatau.

Kalau pendapat kamu sendiri gimana nih, Urbanreaders?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait