beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Real Estate: Pengertian, Jenis, dan Bedanya dengan Real Properti

Suci Nabila Azzahra,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Real Estate: Pengertian, Jenis, dan Bedanya dengan Real Properti
Image: Ilustrasi. (Freepik)

Jakarta - Ketika mendengar istilah real estate, mungkin kamu akan membayangkan sebuah rumah dengan berbagai fasilitas mewah. Bayangan sebagian besar masyarakat itu tidak sepenuhnya salah. Real estate memang ada kaitannya dengan rumah, tetapi hanya bagian kecil. Pabrik, rumah sakit, hotel, dan bangunan yang ada di atas tanah itu termasuk real estate. 

Industri real estate diperkirakan terus mendapat posisi utama dalam peningkatan ekonomi. Real estate, terutama rumah, pun selalu menjadi investasi yang menjanjikan. 

Nah, sebelum terjun dan berinvestasi di real estate, sebaiknya pahami dulu definisinya. Apa pengertian real estat? Apa jenis dan contoh real estat? Apa bedanya dengan properti? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Real Estate

Melansir berbagai sumber, real estat (real estate) atau lahan yasan adalah sebuah istilah hukum yang mencakup tanah bersama dengan apa pun yang tinggal tetap di atas tanah tersebut, seperti bangunan atau proyek. Usaha real estate adalah jenis kegiatan yang sangat potensial untuk jangka panjang. 

Oleh karena itulah, banyak orang yang tertarik pada bidang ini termasuk dengan cara berinvestasi. Industri yang pertama kali diatur oleh pemerintah pada tahun 1974 ini umumnya dikenal oleh banyak orang sebagai suatu bisnis gedung, perumahan maupun bangunan lainnya.

Jenis dan Contoh Real Estate

Real estate memiliki beberapa jenis yang bisa dikategorikan ke dalam tiga kategori besar berdasarkan penggunaannya, yaitu:

1. Residential

Residential merupakan bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal. Misalnya, untuk perumahan, rumah susun (rusun), dan kondominium (gedung besar, mewah, bertingkat yang disewakan, atau apartemen). Di area residensial ini, biasanya ada tempat untuk bisnis-bisnis kecil misalnya minimarket dan industri rumahan.

2. Commercial

Commercial merupakan real estate yang biasa digunakan dengan tujuan untuk keperluan komersial dan untuk memperoleh keuntungan atau profit. Beberapa contoh dari commercial real estate ini yaitu gedung perkantoran, gudang, hotel, dan apa saja yang bisa mendatangkan keuntungan.

3. Industrial

Industrial merupakan bidang usaha-usaha yang melekat di atas lahan real estate. Contohnya yaitu pabrik.

Beda Real Estate dengan Properti?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait