Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Rekomendasi 6 Desa Peninggalan Megalitikum untuk Wisata Akhir Tahun

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Rekomendasi 6 Desa Peninggalan Megalitikum untuk Wisata Akhir Tahun
Image: Ilustrasi traveling (jcomp/Freepik)

Jakarta - Baru-baru ini desa wisata menjadi salah satu destinasi yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Selain unsur alam, desa wisata di Indonesia juga menonjolkan unsur budaya khas wilayah tersebut. 

Melansir dari situs Kementerian Pariwisata, tak sedikit desa wisata yang memiliki situs peninggalan kuno yang menjadi salah satu daya tarik wisata.

Salah satu peninggalan kuno yang banyak ditemui di desa wisata adalah peninggalan zaman megalitikum, yakni berupa batu-batu besar. Bahkan, hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia, berikut ini adalah enam desa wisata dengan situs peninggalan megalitikum yang harus Urbanreaders kunjungi di pengujung tahun. 

1. Kampung Adat Bena Bajawa (Flores)

1635764661-Kampung-adat-bena-bejawa.jpgSumber: Kampung Adat Bena Bajawa (Pinterest/Flickr)

Desa wisata peninggalan megalitikum yang memiliki suasana asri dan eksotis. Mempertahankan konsep tata wilayah khas megalitikum, rumah-rumah di Kampung Adat Bena Bajawa dibangun mengikuti kontur tanah. Sehingga ketika dilihat dari kejauhan desa wisata ini tampak berundak.

Masyarakat setempat percaya jika Kampung Adat Bena telah ada sejak 1.200 tahun silam. Salah satu buktinya terdapat pada peninggalan megalitikum, berupa batu besar berbentuk lonjong yang dinamakan Watu Lewa. Selain itu ada juga batu berbentuk meja yang diberi nama Nabe. Kedua batu ini digunakan dalam ritual adat masyarakat Bajawa.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait