menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Rektor Unair Optimis Vaksin Merah Putih Siap Digunakan Awal Tahun Depan

Nivita Saldyni,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Rektor Unair Optimis Vaksin Merah Putih Siap Digunakan Awal Tahun Depan
Image: Ilustrasi vaksin. Sumber: Freepik

Surabaya – Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof Mohammad Nasih, optimis vaksin COVID-19 Merah Putih yang dikembangkan para peneliti Unair siap digunakan pada 2022. Nasih memprediksi vaksin ini bisa digunakan sekitar 10 hingga 11 bulan mendatang.

“Perihal kapan waktu vaksin bisa digunakan, diprediksi sekitar 10 hingga 11 bulan lagi. Mengingat tahap praklinis bukanlah tahap yang sederhana dan sebentar,” kata Nasih dalam jumpa pers, Senin (19/4/2021).

Menurutnya proses panjang ini harus ditempuh agar menghasilkan vaksin yang benar-benar maksimal. Untuk itu, ia meminta doa kepada agar semua proses berjalan lancar.

“Mohon doanya, semua harap bersabar dan semoga vaksin merah putih bisa segera dimanfaatkan oleh semua kalangan,” imbuhnya.

Nasih pun menegaskan bahwa dari semua proses ini, Unair tidak akan terlalu jauh ikut dalam proses produksi massalnya. Posisi Unair, kata Nasih, berada dalam proses penyiapan dan semua dilakukan dengan benar dan mendapatkan rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sementara itu, Koordinator Produk Riset COVID-19 Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih mengatakan bahwa perjalanan riset vaksin Merah Putih Unair merupakan perjalanan panjang. Mulai dari pengumpulan kandidat vaksin yang awalnya ada delapan platform sampai diambil tiga platform (classical, next generation, dan inactivated virus), serta tahapan panjang dari laboratorium.

"Semua tahapan itu kami lalui dengan arahan dari BPOM dan Kementerian Kesehatan. Ini tahapan yang sudah kami lalui dalam setahun ini. Mudah-mudahan semua proses bisa berjalan dengan baik," pungkasnya.

Bahkan ia mengatakan bahwa vaksin yang kini dalam tahap uji praklinik itu telah didesain untuk mengantisipasi varian baru yang muncul dari berbagai negara. Tim sudah menyiapkan agar efikasi vaksin Merah Putih tinggi dan mengantisipasi varian baru.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait