menu
user
URstyle

Resep Dessert Box Milo, Cocok Jadi Menu Camilan di Akhir Pekan

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resep Dessert Box Milo, Cocok Jadi Menu Camilan di Akhir Pekan
Image: Ilustrasi dessert box. (Freepik)

Jakarta - Awal pandemi tahun lalu, popularitas dessert box semakin meningkat dan banyak orang yang menjadikannya sebagai ide bisnis.

Ada banyak kreasi dessert box yang bisa kamu buat sendiri di rumah, salah satunya yaitu dessert box milo, sebetulnya dessert box milo ini mirip dengan dessert box cokelat pada umumnya. Tapi sesuai dengan namanya, di sini kamu harus menambahkan milo bubuk sebagai bahan pelengkapnya.

Supaya kamu nggak makin penasaran dengan cara membuatnya, berikut bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat Dessert Box Milo:

Bahan kering cake cokelat moist

800 gram tepung terigu protein sedang

35gr cokelat bubuk

½ sendok teh soda kue

½ sendok teh baking powder

½ sendok teh vanilla bubuk

¼ sendok the garam halus

Bahan basah cake cokelat moist

2 butir telur

80gr gula pasir

70 ml susu kental manis

60 ml susu cair

60 ml minyak goreng

½ sdt kopi Nescafe klasik, larutkan dengan sedikit air panas

Bahan whipping cream

2 bungkus Milo saset

30 ml air panas

130gr whipping cream

260 ml air es

Bahan vla Milo

100ml susu cair

30 ml whipping cream cair

4 bungkus Milo

1 sdt tepung maizena

3 buah Milo Cube (untuk Toping)

1614343501-dessert-box-milo.pngDessert Box Milo. (Pinterest/Cookpad.com)

Cara membuat dessert box milo

1. Base cake cokelat: ayak tepung terigu dan cokelat bubuk lalu campurkan dengan soda kue juga baking powder. Lalu sisihkan sementara.

Campur telur, perisa vanilla, dan gula bubuk, kocok sebertar tidak perlu menunggu sampai mengembang. Masukan kental manis lalu aduk kembali.

2. Masukan bahan kering kering yang sebelumnya sudah di ayak secara bertahap, aduk rata. Tambahkan susu cair full cream dan minyak goreng, aduk kembali. Jika sudah tercampur, masukan kopi Nescafe yang sudah dilarutkan dengan air panas, aduk kembali hingga semua adonan tercampur rata.

3. Masukan kedalam Loyang dan beri sedikit hentakan agar adonan kue berpori. Panaskan panci kukus selama 10 menit menggunakan api sedang, kemudian kukus adonan base cake selama 30 menit .

Untuk memastikan adonan matang dan tidak ada yang menempel, kamu bisa menusuk adonan menggunakan lidi. Jika sudah matang,keluarkan dari cetakan lalu dinginkan.

4. Whipping cream: larutkan Milo menggunakan air panas sebanyak 20 ml. aduk hingga larut dan dinginkan. Tuang whipping cream bubuk dan air es kemudian kocong hingga mengembang.

Masukan milo dingin yang sudah dilarutkan, kocok kembali sampai tercampur rata. Lalu sisihkan.

5. Vla Milo: masukan milo, susu cair, dan whipping cream cair, aduk rata. Tambahkan tepung maizena, aduk kembali. Masak menggunakan api kecil hingga mengental. Lalu dinginkan.

6. Potong base cake menjadi dua bagian kemudian potong lagi sesuai ukuran wadah yang digunakan. Taruh base cake di bagian dasar wadah, kemudian tuang whipping cream di atasnya, ratakan.

Lakukan hal yang sama untuk layer atasnya. Jika sudah, tuang vla milo dan ratakan.

Catatan, untuk bahan toping bisa kamu gunakan sesuai selera ya. Jika semua sudah tertata dengan baik, tutup wadahnya dan simpan dalam kulkas minimal selama tiga jam.

Dessert box Milo siap untuk dinikmati, selamat mencoba, Urbanreaders.
 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait