menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

Resep Wedang Ronde, Minuman Hangat Menyehatkan untuk Berbuka Puasa

Nivita Saldyni,
12 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resep Wedang Ronde, Minuman Hangat Menyehatkan untuk Berbuka Puasa
Image: Wedang Ronde (Foto: YouTube/Yongki Gunawan)

 

Jakarta - Kalau Urbanreaders selama berpuasa di bulan Ramadan sudah sering minum yang dingin dan segar-segar, gak ada salahnya loh memilih minuman hangat untuk berbuka. Apalagi Indonesia punya beragam minuman hangat tradisional yang gak kalah nikmat jika dikonsumsi saat berbuka, salah satunya wedang ronde.

Nah Urbanreaders pasti gak asing lagi dong dengan kuliner satu ini? Yap, minuman khas dari China ini sudah melegenda karena rasanya yang nikmat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

Kalau Urbanreaders ingin berbuka dengan wedang ronde, mending buat sendiri di rumah yuk! Kamu bisa membuatnya dengan mengintip resep wedang ronde ala Chef Yongki Gunawan yang dikutip Urbanasia pada Rabu (28/4/2021) berikut ini :

Baca Juga: Resep Es Susu Regal Segar untuk Buka Puasa 

Bahan-bahan :

Ronde Putih dan Pink
Bahan A :
200 gr Tepung Ketan
20g Tepung Sagu

1619585253-wedang-ronde.jpgSumber: Resep Wedang Ronde (Foto: YouTube/Yongki Gunawan)

Bahan B:
200g Air Panas
2g Garam
Sedikit Vanili bubuk

Bahan C : 
Sagu Tani

Ronde Kecil Hijau :
Bahan A :
200gr Tepung Ketan
20gr Tepung Sagu

Bahan B :
200gr Air daun suji pandan
2gr Garam
1/2sdt Toffieco pandan pasta 

Baca Juga: Resep Omelet Sosis Jamur, Menu Praktis untuk Makan Sahur 

Bahan C:
Sagu Tani

Filling Kacang :
150gr Kacang mete atau kacang tanah
75gr Gula Pasir.

Kuah Jahe :
350gr Jahe segar, bakar
2bt Sereh,
5lbr Daun pandan,
200gr Gula pasir,
200gr Gula aren,
1000gr Air,
3lbr Daun jeruk purut
3sdm larutan kopi 

Baca Juga: Carl’s Jr. Bikin Menu Buka Puasa Paduan Ayam dan Sambal Bawang

Cara membuat :

1. Pertama-tama kita buat kuah jahenya dulu ya, guys. Siapkan wajan, masukkan semua bahan. Mulai dari air, daun pandan, sereh, jahe, gula aren, dan kopi yang sudah dilarutkan dengan air. Masak hingga mendidih.

2. Sambil menunggu kuah jahe matang, buat isian ronde. Siapkan wadah, masukkan kacang mete, gula pasir, dan garam secukupnya. Kemudian tambahkn 1 sdm air. Aduk hingga adonan menggumpal. Jika kurang, kamu bisa tambahkan air secukupnya.

3. Kemudian pulung adonan. Lakukan sampai adonan habis.

4. Kemudian buat rondenya. Untuk membuat ronde kulit putih, masukkan tepung beras ketan, tepung beras, dan tapioka. Aduk hingga rata. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil uleni adonan hingga kalis. Lalu diamkan sejenak, sekitar 10 menit.

5. Kemudian buat adonan ronde untuk yang berwarna hijau. Caranya sama seperti nomor 4 namun airnya diganti air pandan suji. Kemudian diamkan sejenak.

6. Ambil adonan ronde putih, bagi jadi dua bagian. Buat satu bagian tetap berwarna putih dan bagian lainnya dijadikan warna pink. Caranya, tuangkan sedikit pewarna makanan pink pada adonan kemudian aduk hingga rata. 

7. Kemudian isi ronde. Ambil adonan ronde, pulung kemudian gepengkan dan masukkan isian kacang yang sudah dipulung tadi ke dalam kulit ronde. Bungkus yang rapat dan bentuk menjadi bulat sempurna.

8. Siapkan piring dan tuangkan sagu tani secukupnya. Letakkan adonan ronde yang sudah diberi isi ke atas sagu agar tidak menempel dengan adonan lainnya. 

9. Cek kuah jahe. Jika sudah matang, matikan apinya kemudian angkat dan sisihkan.

Baca Juga: 5 Olahan Menu Buka Puasa Praktis buat Anak Kos

10. Panaskan air untuk merebus ronde. Dan siapkan air dengan suhu ruangan dalam wadah untuk meletakkan ronde yang sudah matang.

11. Saat air sudah mendidih, mulai masukkan ronde satu per satu. Sesekali aduk dan tunggu hingga matang. Kalau sudah matang maka adonan akan mengambang.

12. Diamkan sejenak sekitar 2-3 menit kemudian angkat dan masukkan dalam wadah berisi air yang sudah disiapkan sebelumnya.

13. Siapkan mangkuk saji, ambil beberapa ronde dan susun di atas mangkuk. Siram kuah jahe. Wedang ronde pun siap dinikmati!


Oh iya, untuk yang belum tahu cara membuat air suji daun pandan, tinggal campurkan daun pandan, daun suji, dan air dengan rasio 1:1:1. Kemudian blender dan saring sehingga didapatkan airnya. Kemudian simpan dalam kulkas. Dia hanya akan bertahan 3-4 hari ya guys.

Gimana, mudah kan? Kalau kamu ingin menikmati ronde hangat untuk berbuka puasa nanti, siapkan bahan-bahannya dari sekarang, yuk!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait