Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Resmi Pindah Agama, Sukmawati Soekarnoputri Beberkan Alasannya

Gagas Yoga Pratomo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resmi Pindah Agama, Sukmawati Soekarnoputri Beberkan Alasannya
Image: Sukmawati Soekarnoputri. (Ist)

Jakarta - Sukmawati Soekarnoputri telah akhiri prosesi ritual berpindah keyakinan dari Islam ke Hindu. Proses perpindahan agama tersebut dimulai Senin (25/10/2021) dan diakhiri pada Selasa (26/10/2021). 

Sukmawati melakukan upacara Sudhi Wadani di Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Desa Paket Agung, Kabupaten Buleleng. 

Dalam konferensi pers, Sukmawati menjelaskan mengenai alasannya memilih untuk pindah ke agama Hindu. 

Menurutnya, selama menjalani sebuah ajaran agama, dirinya hanya mengalir saja. Meskipun begitu, ia mengaku bahwa selalu berusaha memahami Islam dan menjadi orang baik di tengah masyarakat. 

“Tetapi terutama kan ibu sejak lahir ditiupkan Islam di kuping, tapi artinya orang tua ibu, kedua beliau itu memang Islam pastinya ya mengarahkan sejarah bagaimana Islam, ajaran Islam," kata Sukmawati dalam konferensi pers, Selasa (26/10/2021).

Meskipun sudah cukup lama mempelajari agama Hindu, dirinya tidak terpikir untuk pindah agama selama orang tua dan suaminya masih hidup. Setelah suaminya meninggal, barulah ada pikiran untuk pindah agama Hindu. 

Sukmawati menjelaskan, Hindu menjadi agama pilihannya karena memiliki keintiman dengan masyarakat Bali.

"Bali dengan Hindu, dengan seni budaya itu kan cukup kental. Seni budaya segala macam di Bali kental dengan Hindu. Kurang lebihnya setelah tidak terikat orang-orang dekat yang Islam, kemudian ibu lebih dalami Hindu kemudian ibu pikir ya sudah waktunya proses ini ibu beralih memeluk agama leluhur," kata Sukmawati. 

Pilihan Sukmawati untuk pindah agama Hindu juga sudah mendapatkan persetujuan dari keluarga besar Soekarno termasuk Megawati Soekarnoputri, Muhammad Guntur Soekarnoputra dan Muhammad Guruh Irianto Soekarnoputra.

Selain itu, ketiga anak Sukmawati juga telah memberikannya izin untuk pindah memeluk agama Hindu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait