menu
user

Jakarta - Urbanreaders setuju kan, bahwa tahun 2020 menjadi salah satu tahun terberat yang mesti kita jalani bersama? Pandemi yang berlangsung bahkan hingga kini belum juga berakhir, telah memaksa orang untuk mengubah hidupnya secara drastis. Perubahan ini nggak cuma berpengaruh terhadap kesehatan fisik, tapi juga mental kita, guys.

Menurut seorang psikoterapis Dr. Shivangi Pawar, situasi yang terjadi selama tahun 2020 telah menimbulkan berbagai masalah kesehatan mental seperti depresi, anxiety, stres, rasa kesepian, dan ketakutan. Karenanya, tahun 2021 ini mesti difokuskan pada upaya menjaga kesehatan mental kamu.

Berikut beberapa hal yang mesti dibiasakan di tahun yang baru ini menurut pandangan ahli.

1. Merawat Diri

1609481642-merawat-diri.jpgSumber: perawatan diri (Freepik)

Salah satu hikmah yang bisa kita ambil dari situasi pandemi adalah pentingnya merawat diri. Makan makanan yang sehat dan bernutrisi, menghindarkan diri dari stres, dan menghabiskan waktu dengan keluarga, adalah prioritas utama. Ketiga hal ini akan tetap menjadi hal yang terpenting di tahun 2021, guys.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, imun tubuh kamu akan tetap terjaga. Selain itu, sempatkan waktu untuk berolahraga dan menjaga berat badan tetap ideal. Di samping menjaga kesehatan fisik, mendekatkan diri dengan keluarga akan membuatmu merasa percaya diri, tidak merasa sendirian, dan mendapatkan dukungan dari orang-orang tersayang.

2. Bergaul dengan Orang yang Positif

1595470924-waktu-untuk-sahabat.jpgSumber: Ilutrasi bersama sahabat positif (Freepik)

Lingkungan pergaulanmu akan ikut menentukan cara berpikir dan suasana hati kamu. Karena itu, selektiflah memilih lingkungan pergaulan. Batasi pada orang-orang yang memiliki pikiran positif, saling mendukung, dan bisa berbagi masalah. Kalau pikiranmu positif, hati kamu juga bakal happy dan hidup pun akan lebih sehat.

3. Dekat dengan Alam

1609481773-deka-dg-alam.jpgSumber: Dekat dengan alam (Freepik)

Selama tahun 2020, kita banyak menghabiskan waktu di depan komputer, ponsel, dan alat elektronik lain. Cobalah untuk membatasi waktu akses ke gawai kamu dan dekatkan diri pada alam. Sempatkan waktu untuk menghirup udara segar, menikmati pemandangan alam, atau sekadar santai di taman. Suasana alam yang asri akan membantu pikiranmu tetap segar dan sehat.

4. Temukan Hobi

1600491914-mengeluti-hobi.jpgSumber:  Fokuspada hobi (Freepik)

Lakukan hal-hal yang membuatmu merasa senang, salah satunya dengan menggeluti hobi. Mendengarkan musik, berolahraga, berkebun, melukis, memasak, atau membaca buku, dapat menjadi cara yang efektif untuk menyeimbangkan kesehatan mental kamu, guys. Dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, otak akan terprogram untuk memproduksi hormon serotonin, dopamin, dan endorphin, yang merupakan hormon happy dan bikin kamu bebas dari stres.

Komentar
paper plane