menu
user
URstyle

Yuk, Terapkan 'Self Love' Agar Kesehatan Mental Kamu Stabil

Shelly Lisdya,
6 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Yuk, Terapkan 'Self Love' Agar Kesehatan Mental Kamu Stabil
Image: Ilustrasi mencintai diri sendiri. (Pixabay)

Jakarta - Pernah dengar istilah 'Self Love' atau mencintai diri sendiri nggak, Urbanreaders

Dilansir dari berbagai sumber, istilah ini ditujukan kepada semua orang untuk menerima dan mencintai dirinya sendiri. Namun, terkadang banyak yang menganggap cara ini terlalu egois loh.

Padahal, mencintai diri sendiri atau self love bisa membantu menjaga kesehatan mental seseorang. Di era digitalisasi saat ini, ternyata seseorang rentan mengalami kelelahan secara fisik maupun mental. 

Bahkan, kondisi seperti ini dapat berujung pada masalah kesehatan mental, seperti stres, depresi, serta kehilangan semangat untuk menjalani hidup. Nah, semua masalah tersebut nyatanya bisa diminimalisir dengan menerima dan mencintai diri sendiri.

Mencintai diri sendiri dan mementingkan kebahagiaan diri bukan merupakan hal yang salah dan terbilang egois ya. Sebaliknya, dengan menerima diri sendiri dan mencintai apa adanya, ada banyak manfaat yang kita dapatkan. 

Dengan merubah kebiasaan kalian dan mulai menerapkan self love, otomatis perlahan kebiasaan-kebiasaan buruk kalian bakal berubah.

Seperti misalnya, pola hidup sehat, dengan mengganti makanan yang sebelumnya sering mengonsumsi junk food, dengan rutin menerapkan self love, kalian mulai terbiasa untuk makan makanan sehat.

Kemudian, kalian menjadi tahu, berapa jam waktu yang dibutuhkan tubuh untuk beristirahat. Dengan mencintai diri sendiri, kalian akan berusaha memenuhi kebutuhan tubuh. Hal ini baik, karena bisa menghindari kebiasaan tidur larut dan menjauhkan insomnia serta risiko penyakit lainnya.

Tak hanya itu, dengan self love, kalian bisa menerima diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada. Dengan melalui proses, kalian akan semakin mengenali diri sendiri dan bisa dengan mudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan tubuh, terutama yang berkaitan dengan kondisi mental. 

Selain menyehatkan mental, menghabiskan waktu sendiri untuk belajar mencintai diri sendiri ternyata juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Pasalnya, menghabiskan waktu sendiri atau me time dapat memmberi kepuasan kepada diri sendiri. 

Dari sebuah penelitian menyebutkan, bahwa orang yang memiliki perasaan bahagia akan mengalami penurunan risiko penyakit jantung hingga 22 persen dibandingkan orang yang tidak bisa menerima atau mencintai diri sendiri.

Dengan melakukan apa pun yang kalian suka dan inginkan, juga termasuk self love. Dan yang terpenting adalah mensyukuri atas apa yang ada dalam diri kita sendiri ya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait