beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Retinol Sandwich, Tren untuk Kulit Awet Muda dan Terhidrasi

Izzah Putri Jurianto,
14 November 2022 14.48.19 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Retinol Sandwich, Tren untuk Kulit Awet Muda dan Terhidrasi
Image: Ilustrasi kandungan skincare. (Freepik)

Jakarta – Menggabungkan dua bahan skincare itu sudah biasa kita jumpai. Tapi, pernah nggak sih kamu menemukan alternatif untuk ‘menghimpit’ skincare?

Ada sebuah tren yang dinamakan retinol sandwich. Seperti sandwich, retinol di sini nantinya akan dihimpit oleh produk moisturizer. Mengutip Sunday Edit, berikut penjelasan lengkap terkait tren retinol sandwich.

Apa Itu Retinol?

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai retinol sandwich, pertama kita simak lagi apa itu retinol. Retinol merupakan bahan aktif yang berasal dari vitamin A. Kandungan ini banyak ditemukan dalam produk skincare, salah satunya adalah serum.

Manfaat paling utama dari retinol adalah untuk melawan tanda-tanda penuaan. Tak hanya itu, retinol juga berperan aktif dalam meningkatkan produksi kolagen. 

Walau dikenal ampuh, retinol ini punya berbagai risiko yang mungkin muncul. Beberapa risiko ini antara lain iritasi, kulit kering ekstrim, bahkan kulit mengelupas. Apalagi, jika jenis kulitmu adalah kulit yang sensitif. 

Bagaimana Cara Melakukan Retinol Sandwich?

1662092615-serum-retinol.jpgSumber: Ilustrasi pakai serum retinol. (Freepik/sergio_pulp)

Dengan berbagai risiko yang mungkin muncul, cara alternatif untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan retinol sandwich. Retinol sandwich merupakan cara pengaplikasian retinol yang 'dihimpit' dengan moisturizer.

Jadi, sebelum dan sesudah retinol, kamu bisa menggunakan produk-produk yang melembapkan. Moisturizer yang digunakan sebelum retinol berperan sebagai dinding pembatas untuk mencegah iritasi. Sementara itu, moisturizer setelah retinol berfungsi untuk mengunci kelembapan.

Seorang ahli kecantikan yang terkenal di kalangan selebriti, Shani Darden mengatakan, retinol sandwich direkomendasikan untuk orang-orang yang masih baru belajar menggunakan retinol. Tren ini juga cocok untuk kondisi kulit yang sensitif, namun tetap ingin merasakan manfaat dari retinol. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait